JawaPos Radar

Google Beri Bocoran Android P, Tampilan Control Mirip iPhone X?

15/04/2018, 16:54 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
android p
Ilustrasi: Android (Reuters)
Share this image

JawaPos.com – Google tanpa sengaja mengumbar tampilan layar yang diduga merupakan penerus dari Android O (Oreo). Hal itu terlihat karena mengurut abjad yang menjadi kebiasaan Google dalam penamaan sistem operasinya, Android. Tampilan layar tersebut diduga merupakan tampilan Android P.

Seperti JawaPos.com lansir dari laman TheVerge, Minggu (15/4), tampilan layar yang beredar di jagat maya itu merupakan sebuah tangkapan layar alias screenshoot. Dalam screenshoot tersebut, Google tampak sedang menguji bilah navigasi baru yang diduga untuk Android P.

Menariknya, bilah navigasi baru tidak lagi menyertakan tombol multitasking. Tombol home yang besar di bagian tengah layaknya Android terdahulu. Tombol home-nya terlihat jauh lebih kecil dan berbentuk mirip tanda strip ‘-‘.

android p
Bocoran tampilan diduga Android P yang menghilangkan tombol multitasking dan tombol home. (TheVerge)

Pada iPhone X, tanda tersebut merupakan tanda bilah navigasi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan multitasking dengan menggesekannya ke arah atas (swiping gesture).

Namun masih belum jelas apakah tombol dengan tanda strip itu merupakan tombol home yang berubah bentuk, atau memang betul-betul fitur swiping gesture yang akan dibawa sistem operasi Android terbaru itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, Android P memang masih misterius. Sempat dikabarkan bahwa Android P akan mendukung layar dengan takik atau notch ala iPhone X yang belakangan populer ditiru pabrikan ponsel Android.

Lainnya menyebut bahwa fitur gesture control yang ramai dibicarakan itu memang benar akan hadir pada sistem operasi Android P. Bukan tanpa alasan banyak yang menyebut demikan. Sebab, fitur panel navigasi dengan gesture control atau kontrol gerakan disebut akan memudahkan para pengembang ponsel Android. Apalagi untuk menggunakan layar bezel-less akan lebih sempurna tanpa harus memikirkan ruang untuk tombol navigasi.

(ce1/ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up