JawaPos Radar

Canggih! Flash Terbaru Canon Berbasis AI, Bisa Bouncing Otomatis

15/03/2018, 16:15 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Canon flash, Canon Speedlite, Canon Speedlite 470EX-AI
Canon Speedlite 470EX-AI Flash (DigitalTrends)
Share this

JawaPos.com - Canon mengenalkan flash eksternal terbarunya, Speedlite 470EX-AI Flash. Perangkat lampu kilat tersebut dibekali kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Flash ini mampu mencari titik bouncing cahaya secara otomatis.

Seperti JawaPos.com lansir dari laman DigitalTrends, Kamis (15/3), bagi seorang fotografer profesional, perangkat flash tentu sudah tidak asing. Pun dengan permasalahan dan rumitnya mencari angle terbaik untuk menembakan cahaya flash ke objek yang ingin difoto. Alih-alih mencari gambar dengan cahaya terbaik malah gambar menjadi overbright (kelebihan cahaya, Red) dan kurang sedap dilihat.

Kini telah Canon merancang komponen flash hot shoe pada bagian bawah bodi flash untuk mengatur keluaran cahaya secara otomatis dan titik pantul yang dibutuhkan fotografer. Canon Speedlite 470EX-AI Flash memiliki teknologi AI Bounce Technology yang secara otomatis mampu menganalisis jarak antara kamera dengan objek foto yang ingin diambil.

Canon flash, Canon Speedlite, Canon Speedlite 470EX-AI
Canon Speedlite 470EX-AI Flash (DigitalTrends)

Canon Speedlite 470EX-AI Flash juga mampu menganalisis angle untuk menembakkan pantulan lampu flash, sehingga hasil foto yang diambil akan memiliki takaran cahaya yang proporsional.

Flash cerdas ini dibuat karena kamera DSLR saat ini sudah memiliki fitur yang serba otomatis. Mulai dari autofocus, auto exposure, dan autobalance. Sehingga, teknologi autoflash juga seharusnya sudah bisa ditambahkan, tidak hanya untuk flash internal namun juga flash eksternal atau tambahan.

Canon Speedlite 470EX-AI Flash dapat diatur dua jenis konfigurasi penggunaannya, yakni full automatic dan semi automatic. Kedua fitur ini sangat pas bagi fotografer profesional yang insting dan analisisnya sudah terasah dan tidak mau tergantung pada teknologi. Namun tetap bisa digunakan untuk fotografer pemula yang masih sering kesulitan mengendalikan flash-nya.

Canon flash, Canon Speedlite, Canon Speedlite 470EX-AI
Canon Speedlite 470EX-AI Flash (DigitalTrends)

Tidak sampai di situ, flash ini juga bisa menyimpan record memori posisi pantulan cahaya yang menurut fotografer profesional sudah pas. Jadi Canon Speedlite 470EX-AI Flash tidak akan selalu mencari sudut baru melainkan hanya berubah ke posisi yang sudah ditentukan oleh fotografer saja.

Canon mengumumkan Speedlite 470EX-AI Flash mulai dipasarkan pada April 2018 dengan harga USD 400 atau setara Rp 5,4 juta.

(ce1/ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up