JawaPos Radar

Jaringan XL Axiata dan Telkomsel di Sulteng Pulih 100 Persen

14/10/2018, 13:56 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Telkomsel jaringan sulteng, Telkomsel pascagempa sulteng, telkomsel sulteng pulih
Ilustrasi: Perbaikan jaringan telekomunikasi oleh teknisi. (Istimewa/Telkomsel)
Share this

JawaPos.com – Bencana gempa dan tsunami yang menerjang wilayah Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng), sudah dua pekan lebih berlalu. Pemulihan pascabencana pun saat ini masih terus berlangsung. Begitu pun soal jaringan telekomunikasi. Dua operator besar Telkomsel dan XL Axiata memastikan bahwa jaringan di Sulteng saat ini sudah pulih 100 persen.

Dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, Minggu (14/10), kedua operator besar tersebut mengaku telah berhasil melakukan pemulihan jaringan pascabencana di daerah terdampak bencana. Masyarakat sudah bisa lagi melakukan komunikasi voice, SMS, dan data dengan normal.

Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan mengatakan, layanan komunikasi suara, SMS, dan data Telkomsel sudah kembali normal di wilayah Palu dan Donggala. “Kini masyarakat Palu dan Donggala serta pihak-pihak yang terlibat dalam upaya pemulihan dapat menggunakan layanan komunikasi dengan normal tanpa ada suatu gangguan yang berarti,” ujar Bob demikian.

XL Axiata jaringan sulteng, XL Axiata pascagempa sulteng, XL Axiata sulteng pulih
Ilustrasi: Teknisi meninjau genset sebagai pemasok listrik cadangan menara BTS. (Istimewa/XLAxiata)

Untuk kenyamanan jaringan komunikasi, lanjut Bob, Telkomsel akan terus memantau titik-titik jaringan yang berpotensi mengalami gangguan dengan menyiapkan 218 mobile genset untuk catuan daya dan tiga mobile BTS. “Telkomsel juga menyiagakan 200 personel teknis yang ditempatkan di posko-posko monitoring, command center, serta lokasi-lokasi BTS untuk melakukan troubleshoot dan back up genset,” jelas Bob.

Sementara dari sisi pelayanan pelanggan dan ketersediaan produk, dia menyebut bahwa Telkomsel membuka tujuh kantor pelayanan GraPARI di Palu, Sigi, Donggala, Kota Raya, Parigi, Pasangkayu, Poso, dan Toli-Toli. Ada pula GraPARI sementara di tiga lokasi, yakni halaman GraPARI Palu, STO Telkom Palu, dan Bandara Palu. Bob mengaku sebanyak 2010 outlet aktif dan 8 Mogi juga disebar untuk menjaminkan ketersediaan 20 ribu kartu perdana Simpati bagi pelanggan.

Senada, Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya menuturkan, XL Axiata berhasil memulihkan sepenuhnya atau 100 persen jaringan di seluruh Sulteng. “Jadi yang pulih ini seluruh jaringan, baik backbone maupun jaringan pendukung, seperti sebelum gempa terjadi,” klaim Yessie.

Seperti Telkomsel, Yessie juga mengaku bahwa kini pelanggan di Sulteng bisa mengakses ke semua layanan. Termasuk layanan data dengan kualitas semakin baik dengan BTS yang sudah beroperasi secara normal.

Yessie menambahkan, proses pemulihan jaringan antara lain meliputi perbaikan kabel fiber optic (FO) di seluruh daerah yang terlanda gempa dan tsunami, pemulihan sites simpul, memobilisasi cluster jaringan di area-area terdekat dengan lokasi bencana, hingga mengerahkan mobile BTS (MBTS) dari Makassar.

“Ada 4 unit MBTS yang kini diperbantukan di Palu. Sementara itu untuk mengatasi pasokan listrik, XL Axiata juga melakukan koordinasi dengan PLN setempat, mengerahkan genset ke setiap BTS, juga bahkan memperbaiki genset di BTS-BTS yang sempat rusak karena gempa,” pungkasnya.

(ryn/JPC)

Alur Cerita Berita

Kelangkaan BBM Mulai Teratasi 14/10/2018, 13:56 WIB
Akses ke Palu Makin Mudah 14/10/2018, 13:56 WIB
Pasar Manonda Palu Kembali Bergeliat 14/10/2018, 13:56 WIB
Jokowi Kerahkan Psikolog ke Sulteng 14/10/2018, 13:56 WIB
Gempa Sulteng, 2.736 Sekolah Rusak 14/10/2018, 13:56 WIB
TNI Kirim Tiga Pesawat ke Palu 14/10/2018, 13:56 WIB
TNI Kirim 6 Ton Alkes ke Sulteng 14/10/2018, 13:56 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up