JawaPos Radar

Tinggalkan Rusia, Aktivitas Data Kaspersky Pindah ke Swiss

14/08/2018, 18:50 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Kaspersky, Kaspersky tinggalkan rusia, Kaspersky swiss
General Manager South East Asia Kaspersky Lab Yeo Siang Tiong (kanan) di acara jumpa pers di Jakarta, Selasa (14/8). (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Kaspersky menggeser sebagian aktivitas intinya ke Swiss. Hal ini dilakukan guna memberi transparansi data penggunanya dari seluruh dunia. Rusia sendiri menjadi tempat lahirnya Kaspersky sekitar tahun 1997 silam.

General Manager South East Asia Kaspersky Lab Yeo Siang Tiong mengatakan, upaya memindahkan aktivitas inti dan data pelanggannya dari Rusia ke Swiss merupakan bagian dari gerakan yang digagas Kaspersky, yakni Global Transparancy Initiative.

"Sebagai bagian dari Global Transparency Initiative, Kaspersky Lab mengadaptasi infrastruktur dengan memindahkan sejumlah aktivitas intinya dari Rusia ke Swiss," ujarnya saat jumpa pers di Jakarta, Selasa (14/8).

cyber attack, Kaspersky, Kaspersky rusia, Kaspersky swiss
Ilustrasi: serangan siber. (TheGuardian)

Aktivitas tersebut, menurut Yeo, termasuk penyimpanan dan pemrosesan data pelanggan secara umum, perakitan perangkat lunak, hingga mendeteksi informasi mengenai ancaman siber. "Untuk memastikan intergritas yang baik, aktivitas ini akan diawasi oleh pihak ketiga independen yang berbasis di Swiss," katanya.

Selain itu, lanjutnya, langkah ini juga sebagai Kaspersky Lab dalam memajukan integritas dan kualitas pada produknya. Perkembangan baru yang dilakukan oleh Kaspersky Lab ini sekaligus memberikan jawaban dari berbagai tantangan isu kepercayaan dan perpecahan dalam sebuah industri keamanan siber.

Pihaknya mengaku bahwa kepercayaan menjadi sebuah esensi penting dalam cybersecurity industry. "Kaspersky Lab percaya bahwa upaya melakukan akuntabilitas dan transparasi adalah langkah paling tepat," jelas Yeo Siang.

Proses pemindahan aktivitas intinya di Swiss ini akan rampung pada 2018 ini. Lebih jauh, sebelum proses ini rampung dan resmi diumumkan, Kaspersky memberikan peluang kepada pelanggan untuk mengubah sumber kode software yang mereka simpan di Kaspersky Lab.

Sebab, menurut Kasperky Lab, setelah resmi dinyatakan selesai, vendor keamanan siber itu akan memberikan perlindungan khusus, sehingga nantinya pelanggan memiliki keunikan masing-masing. Hal ini dilakukan Kaspersky Lab juga sebagai upayanya melindungi pelanggan dari ancaman siber.

Sekadar informasi, pemilihan tempat di Zurich, Swiss sebagai lokasi penyimpanan data pelanggannya dikarenakan negara tersebut dinilai sebagai negara independen dan tidak terafiliasi dengan pihak mana pun dan dari negara mana pun.

"Apa yang Kaspersky lakukan, at the end adalah mencoba mengatasi segala serangan siber. Tetap sebagai perusahaan keamanan siber tanpa memandang siapa pun dan dari mana pun negara penyerangnya, termasuk Rusia," pungkas Yeo.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up