JawaPos Radar | Iklan Jitu

Sensor Kamera Sony IMX 607 Bocor, Bakal Dipakai Huawei P30 Pro?

13 Desember 2018, 14:32:29 WIB
Sony IMX 607, Kamera Sony IMX 607, Huawei P30 Pro
ilustrasi: lensa kamera. (pixabay)
Share this

JawaPos.com - Sensor kamera Sony IMX 607 bocor ke publik. Perangkat tersebut sejatinya belum dirilis ke pasaran. Malahan dalam bocoran oleh seorang pengguna Weibo, sosial media di Tiongkok, sensor berkekuatan 38 MP teranyar itu diduga kuat bakal menjadi senjata ampuh perangkat kamera Huawei P30 Pro.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman GSMArena, Kamis (13/12), sensor IMX 607 38 MP mengambil pendekatan sama seperti IMX 600 yang tertanam di perangkat Huawei P20 Pro tahun ini. Huawei P20 Pro sendiri hingga kini masih menyandang status sebagai smartphone dengan kamera terbaik versi DxOMark, sebuah laman pengujian kualitas kamera.

Sony IMX 607, Kamera Sony IMX 607, Huawei P30 Pro
Bocoran sensor kamer Sony IMX 607 terbaru. (Weibo/GSMArena)

Yang membedakan antara Sony IMX 607 dengan pendahulunya Sony IMX 600 adalah tambahan sesuatu yang khusus ke dalam campuran array atau larik piksel putih selain array RGB. Alih-alih menggunakan teknologi Quad Bayer, sensor Sony IMX 607 bergantung pada Dual Bayer dengan array HDR Coding putih.

Sekadar catatan, Sony IMX 600 saat ini di P20 Pro dan Mate 20 Pro menggunakan dua piksel warna untuk eksposur lama dan dua untuk eksposur pendek. Keduanya bekerja baik mengubah atau menggabungkannya untuk rentang dinamis yang lebih baik. Sementara untuk Sony IMX 607 yang baru akan melakukan sesuatu di sepanjang garis-garis tadi, cara kerjanya sama, tetapi ada yang beda.

Sony IMX 607, Kamera Sony IMX 607, Huawei P30 Pro
Array atau lurik sensor kamera Sony IMX 607. (Weibo/GSMArena)

Piksel putih yang ada pada Sony IMX 607 disebut memungkinkan untuk menangkap lebih banyak cahaya, ketajaman lebih bagus, dan detail yang lebih baik tanpa perlu tambahan sensor hitam dan putih. Secara teori, hal ini membantu fotografi malam hari. Kemudian untuk autofokus yang lebih cepat dan lebih baik, Sony disebut telah meningkatkan permainannya dengan Quad Pixel Phase Detection Auto Focus (QPDAF).

Spesifikasi lainnya dari sensor terbaru Sony IMX 607 yang disebut bakal hadir di perangkat Huawei P30 Pro, termasuk high-SNR (signal-to-noise ratio) untuk kinerja cahaya rendah yang mengesankan, pengurangan noise kroma, serta sensor suhu internal. Selain itu, bocoran dalam gambar juga secara eksplisit menyebut bahwa sensor dirancang khusus untuk fotografi malam hari dan memiliki Native ISO 50, 500, hingga 5000.

Editor           : Fadhil Al Birra
Reporter      : (ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini