JawaPos Radar | Iklan Jitu

XL Axiata Resmikan X-Camp, Laboratorium untuk Pengembangan IoT

13 November 2018, 17:00:39 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
XL Axiata X-Camp, XL Resmikan X-Camp, XL Laboratorium IoT,
CEO XL Axiata Dian Siswarini (tengah) bersama Menkominfo Rudiantara (kiri) dan Menperin Airlangga Hartarto saat peresmian X-Camp di Jakarta, Selasa (13/11). (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - XL Axiata meresmikan laboratorium Internet of Things (IoT) bikinannya. Laboratorium bernama X-Camp itu dikatakan bakal menjadi wadah bagi developer muda Indonesia untuk membuat produk ekosistem IoT.

CEO XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, Lab IoT X-Camp ditujukan untuk membantu pembangunan negeri lewat solusi digital. "Digital memudahkan dan meningkatkan produktivitas salah satunya sektor industri," ujarnya saat peresmian X-Camp di Jakarta, Selasa (13/11).

Menurut Dian, teknologi IoT banyak dipakai di sektor industri. "Lewat X-Camp, satu keperluan yang membutuhkan solusi digital yang costumize bisa dibuat di sini. Pengembang IoT butuh wadah. Makanya kami membuat X-Camp," imbuh Dian.

XL Axiata X-Camp, XL Resmikan X-Camp, XL Laboratorium IoT,
Laboratorium IoT XL Axiata, X-Camp. (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Dian berharap dengan adanya X-Camp, XL Axiata bisa terus membantu dan proaktif mendorong perkembangan ekosistem IoT di Indonesia. "X-Camp bisa digunakan para developer dari manapun untuk mewujudkan produk. Manfaat lain dari X-Camp bisa menjadi wadah pertemuan dari stakeholder ekosistem IoT di Indonesia," jelas Dian.

Dalam kesempatan tersebut, hadir juga Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Menurut Airlangga, Lab IoT tersebut perlu didukung karena sejalan dengan Road Map Making Indonesia 4.0. "Tidak ada satu negara yang benar-benar siap untuk industri 4.0, namun kita tetap harus mempersiapkan," jelasnya.

"Targetnya adalah aspirasi masa depan di tahun 2030 Indonesia masuk ke dalam top 10 ekonomi dunia. XL Axiata melalui X-Camp ini masuk ke dalam salah satu perwujudannya yakni lewat infrastruktur. Ini akan melahirkan entrepreneur baru," papar Airlangga.

Sekadar informasi, di laboratorium IoT X-Camp akan disediakan training. Selain pegiat ekosistem IoT, X-Camp juga memggandeng kerja sama dengan berbagai universitas untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM). Dengan IoT open Lab, X-Camp disebut menjadi lab terlengkap yang dimiliki oleh operator telekomunikasi di Indonesia.

X-Camp juga dikatakan bisa digunakan terbuka oleh pihak yang ingin membangun atau mengembangkan ekosistem IoT di Indonesia. Bertempat di lantai 20 gedung XL Axiata Kuningan, Jakarta Selatan, X-Camp diharapkan dapat menjadi wadah bagi pegiat, pengembang, komunitas IoT untuk menciptakan produk IoT.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up