JawaPos Radar | Iklan Jitu

Huawei Siapkan Prosesor Terbaru Kirin 990, Dukung Teknologi 5G

13 November 2018, 09:48:09 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Kirin 990, Huawei Kirin 990, Prosesor Terbaru Kirin 990
Ilustrasi: Chipset besutan Hisilicon Kirin. (GSMArena)
Share this

JawaPos.com - September 2018 lalu, Huawei memperkenalkan chipset Kirin 980 dengan bermacam fitur canggih dan kecepatan download yang diklaim hingga 1.4 Gbps. Platform ini rilis ke pasaran lewat perangkat Huawei Mate 20 dan kemungkinan akan muncul di flagship Huawei seri 'P' berikutnya. Kendati System on Chip (SoC) Kirin 980 terbilang masih baru, perusahaan Tiongkok itu kini dikabarkan sudah menyiapkan lagi prosesor high-end generasi selanjutnya, yakni Kirin 990.

Bahkan sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman GSMArena, Selasa (13/11), menurut sumber dari industri terdekat, persiapan untuk prosesor kelas atas Kirin 990 telah dimulai. Soal Hisilicon Kirin 990 kabarnya akan dipercayakan kepada Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). TSMC disebut akan merancang chipset dengan prosesor berteknologi 7 nanometer (nm).

Orang dalam industri mengklaim pabrikan anak perusahaan HiSilicon ini kabarnya juga telah menginvestasikan sekitar CNY 200 juta atau sekitar Rp 424 miliar. Angka investasi segitu banyak digelontorkan Huawei untuk penelitian dan pengembangan perangkat chipset teranyarnya itu.

Kirin 990, Huawei Kirin 990, Prosesor Terbaru Kirin 990
Chipset Qualcomm Snapdragon 845. (ZDNet)

Kirin 980 sendiri merupakan chipset pertama yang dibangun pada proses 7 nm dengan core Cortex-A76 pertama. Sama seperti pendahulunya, Kirin 990 juga akan memiliki arsitektur 7 nm, termasuk jumlah transistor dan tingkat konsumsi daya yang diklaim lebih baik. Menariknya, chipset tersebut juga digadang-gadang akan memiliki kelebihan sebagai yang pertama dengan modem Balong 5000 bersertifikat untuk mendukung 5G.

Soal chipset dengan teknologi dan dukungan jaringan seluler generasi kelima atau 5G sebenarnya bukan hanya tentang Huawei dan Hisilicon Kirin 990 yang dikabarkan bakal diproduksi pada kuartal pertama 2019. Pasalnya, omong-omong soal 5G, kompetitornya, Qualcomm dengan Snapdragon 855 terbaru juga disebut mendukung teknologi seluler tersebut. Bahkan Qualcomm dengan Snapdragon 855-nya konon bakal diungkap Desember mendatang.

Namun, kabar yang beredar menyebut bahwa untuk dapat kompatibel dengan teknologi 5G, Snapdragon 855 tidak bersifat multi-mode. Sederhananya, Snapdragon 855 untuk dapat terkoneksi dengan teknologi 5G mesti tersambung ke modem lain agar chip yang tertanam pada smartphone atau perangkat lainnya dapat tersambung dengan jaringan sebelumnya, seperti 4G atau yang lebih lawas.

Kesamaan lainnya dengan Huawei lewat Kirin 990, Qualcomm Snapdragon 855 juga akan dibangun di atas teknologi fabrikasi 7 nm. Dengan teknologi tersebut, baik Qualcomm ataupun Kirin dikatakan bakal memiliki kapabilitas kinerja lebih mumpuni. Selain andal untuk beragam kegiatan olah data, teknologi fabrikasi 7 nm juga diklaim akan membawa impact konsumsi daya yang lebih baik ketimbang proses fabrikasi 10 nm atau yang lebih tinggi.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up