JawaPos Radar | Iklan Jitu

Menkominfo Ingin Netflix Jadi Badan Usaha Tetap

13 Januari 2016, 04:15:00 WIB
Menkominfo Ingin Netflix Jadi Badan Usaha Tetap
Ilustrasi (finance.yahoo.com)
Share this

JawaPos.com - Layanan video streaming, Netflix, resmi masuk ke Indonesia. Hal tersebut akan memberi dampak bagi sejumlah industri, mulai dari pengusaha internet, telekomunikasi, data senter, bahkan masyarakat Indonesia sendiri.

Karena itu, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan mengatur regulasi mengenai Netflix. Tujuannya, agar tidak membunuh industri eksisting yang berkembang di Indonesia.

Menkominfo Rudiantara mengatakan, yang perlu dilakukan saat ini adalah mencari tahu apakah teknologi seperti Netflix tersebut dapat memberi manfaat untuk masyarakat atau tidak. "Karena ini ada kepentingan masyarakat yang harus diproteksi, terutama dari sisi konten," ujarnya di Jakarta, Selasa (12/1).

Terkait konten, pria berusia 56 tahun itu menginginkan agar Netflix menjadi badan usaha tetap (BUT). Artinya, server layanan video dan serial TV tersebut harus berada di Indonesia, sehingga mudah dilakukan filterisasi.

"Ya kalau beroperasi si boleh-boleh saja, namun harus melalui kontrol. Kemudian dia harus BUT, agar ada di Indonesia. Karena itu kita akan mengatur regulasinya dulu," pungkasnya.

Seperti diketahui, Netflix merupakan layanan yang memungkinkan pengguna untuk menonton film ataupun siaran TV. Layanan ini dapat diakses melalui perangkat seperti smartTV, PC, laptop, smartphone dan tablet.

Gampangnya, Netflix ini layaknya sebuah toko penyewaan DVD. Namun berjalan online dan diakses secara streaming. Netflix ini juga bebas dari iklan, sehingga penonton tak perlu menunggu jadwal penayangan film yang ingin dinikmati.

Tercatat sejak 7 Januari lalu, Netflix telah berekspansi ke 130 negara, termasuk Indonesia. Untuk mengaksesnya, pengguna harus mendaftar lebih dulu kemudian memilih paket yang diinginkan. Untuk di Indonesia sendiri, biaya berlangganan minimal Rp 109.000 per bulan. (fab/JPG)

Editor           : husain
Reporter      :

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up