alexametrics

Gila! Chipset Qualcomm Snapdragon Kini Dapat Dukungan Kamera 192 MP

12 Maret 2019, 19:33:35 WIB

JawaPos.com – Vendor System on Chip (SoC) Qualcomm diam-diam melakukan pengembangan ‘gila’. Pasalnya, buah dari pengembangannya itu membuat beberapa SoC besutannya memiliki kapabilitas untuk disematkan kamera hingga 192 MP. Besar sekali, bukan?

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari XDADeveloper via GSMArena, Selasa (13/3), gebrakan baru sensor kamera ponsel 48 MP dan perangkat seperti Nokia 9 PureView dengan lima lensa bahkan lebih bakal ramai di masa mendatang. Hal ini cukup jelas bahwa industri seluler masih aktif bereksperimen dan mendorong batas-batas kamera.

Sesuai dengan tren ini, Qualcomm memutuskan untuk lebih rajin dengan pembaruan spesifikasi Image Signal Processor (ISP)-nya. Perubahan ini pertama kali terlihat oleh orang-orang di XDA Developers. Hal tersebut kontan membuat kaget para pencinta gadget.

Pengembang dan vendor smartphone terutama yang mengerjakan proyek seperti port aplikasi Google Camera dan teknologi pada perangkat non-pixel langsung tertarik pada spesifikasi ISP tersebut. Apa yang dilakukan Qualcomm agaknya disambut baik.

Qualcomm Snapdragon, Qualcomm Kamera 192 MP, Snapdragon Kamera 192 MP
Lembar spesifikasi ISP kamera Qualcomm Snapdragon 710 yang kini mendukung kamera hingga 192 MP. (XDADevelopers)

Lembar spesifikasi yang direvisi sekarang memisahkan kemampuan kamera tunggal dan ganda dengan lebih baik. Termasuk mencantumkan hal-hal seperti batas perekaman gerakan lambat dan fitur-fitur seperti Hybrid Autofocus.

Tentu saja, salah satu detail yang lebih menonjol adalah fakta yang agak mencolok bahwa ternyata beberapa chipset Qualcomm baru-baru ini mendukung hingga kamera tunggal 192 MP. Chip yang dimaksud adalah Snapdragon 855, 845, 710, 675, dan 670.

Namun, angka ini mulai lebih masuk akal begitu mempertimbangkan beberapa detail. Pertama, itu adalah batas teoritis untuk satu kamera saja yang dapat ditangani ISP. Ini berarti bahwa para pengembang entah bagaimana harus berhasil membuat kamera berukuran 192 MP untuk dipasangkan ke chipset. Dengan kata lain, angka 129 MP bukanlah angka yang diperoleh untuk resolusi kamera gabungan.

Bahkan pengembang tidak akan dapat memasang kamera lain. Bukan pula kamera selfie. Juga, untuk benar-benar menangkap resolusi setinggi ini, ISP harus mematikan beberapa fitur canggih lainnya terutama yang mencakup Multi Frame Noise Reduction (MFNR). Itulah proses mengambil beberapa foto sekaligus kemudian menumpuknya untuk mengurangi noise.

Qualcomm Snapdragon, Qualcomm Kamera 192 MP, Snapdragon Kamera 192 MP
Lembar spesifikasi ISP kamera Qualcomm Snapdragon 845 yang kini mendukung kamera hingga 192 MP. (XDADevelopers)

Hal lain yang harus dilakukan adalah shutter lag. Tanpa terlalu banyak detail, shutter lag pada dasarnya adalah fitur yang memungkinkan beberapa foto (biasanya sekitar 30) berada di buffer tepat saat pengguna meluncurkan aplikasi kamera. Itu mengurangi waktu pengambilan begitu pengguna benar-benar menekan tombol rana.

Intinya di sini adalah bahwa sementara kemampuan kamera hingga 192 MP terkunci dan harus mengorbankan fitur lain jika mau mengaktifkan kemampuan kamera tersebut. Selain itu, hal utama yang harus diambil di sini adalah penghargaan atas upaya ekstra Qualcomm untuk secara terbuka membagikan rincian teknis dari chip mereka. Artinya, kamera smartphone tidak akan terbatas pada lingkaran teknik industri yang itu-itu saja.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Gila! Chipset Qualcomm Snapdragon Kini Dapat Dukungan Kamera 192 MP