alexametrics

MWC 2019 akan Banyak Mengungkap Perangkat yang Bisa Dilipat

12 Februari 2019, 18:54:55 WIB

JawaPos.com – Mobile World Congress (MWC) 2019 akan digelar akhir Februari ini. Gelaran tersebut sebagaimana diketahui merupakan pameran teknologi perangkat mobile yang banyak ditunggu pencinta gadget seantero dunia. Ajang MWC 2019 tersebut diprediksi bakal memamerkan beragam perangkat yang bisa dilipat.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman FoneArena, Selasa (12/2), kabar terbaru soal perangkat yang bisa dilipat dikonfirmasi oleh Nubia lewat sebuah poster. Di dalam poster tersebut ada tulisan ‘Flex Your Life’ yang mengindikasikan bahwa perusahaan teknologi Tiongkok itu akan mengungkap perangkat yang bisa dilipat pada ajang MWC 2019.

Belum jelas apa yang bakal diungkap Nubia pada gelaran tersebut. Apakah sebuah smartphone atau perangkat lainnya berupa wearable atau bukan. Namun merujuk pada acaranya yakni MWC, sudah tentu yang akan dipamerkan adalah perangkat mobile dengan teknologi seluler.

Sebelum Nubia, vendor Tiongkok lainnya yakni Huawei juga disebut telah mengonfirmasi keikutsertaan mereka pada ajang MWC 2019 dengan mengungkap perangkat foldable lainnya. Huawei mengonfirmasi akan memperkenalkan smartphone 5G pertama yang dapat dilipat di MWC akhir bulan ini.

MWC 2019, MWC 2019 perangkat lipat, pameran teknologi MWC
Nubia bakal ungkap perangkat yang dapat dilipat pada MWC 2019 akhir bulan ini. (Weibo/FoneArena)

Meninggalkan Nubia dan Huawei, Xiaomi juga diprediksi bakal memanfaatkan panggung MWC 2019 untuk mengungkap perangkat yang bisa dilipat. Seperti sudah kami beritakan sebelumnya, Xiaomi telah memamerkan smartphone yang bisa dilipat pada kedua sisinya beberapa waktu lalu.

Smartphone lipat Xiaomi itu memang belum dipastikan bakal masuk ke tahap produksi masal. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa purwarupa perangkat bakal dibawa Xiaomi untuk dipamerkan di gelaran MWC 2019.

Melangkah ke negara lain, selain pemain Tiongkok, vendor Korea Selatan (Korsel) yakni LG juga disebut tak ingin ketinggalan memanfaatkan momen MWC 2019 untuk mengungkap inovasi foldable handset mereka.

Diberitakan GSMArena, menurut sumber dari Korsel, LG akan memperkenalkan smartphone yang dapat dilipat pada gelaran MWC 2019. Perangkat baru yang dapat dilipat dari LG tidak akan memiliki layar fleksibel seperti Samsung Galaxy F, Xiaomi atau konsep lainnya.

Menurut perwakilan perusahaan, ponsel yang dapat dilipat dari LG itu akan menggabungkan dua bezel lebih tipis yang membuat kedua layar bergabung menjadi satu layar besar. Alasan untuk solusi ini dan bukan panel yang fleksibel adalah harganya.

Wakil ketua LG pernah mengatakan saat gelaran Consumer Electronics Show (CES) bulan lalu bahwa perusahaan akan mengubah faktor bentuk agar tetap kompetitif, sehingga bisa mempertahankan keunggulan kompetitifnya.

Royole FlexPai, smartphone lipat Royole FlexPai, MWC 2019 perangkat lipat
Royole FlexPai, smartphone lipat pertama dengan layar fleksibel yang diluncurkan tahun lalu. (CNet)

Sumber-sumber Korea juga mengungkapkan bahwa perangkat baru itu akan memiliki ‘input tanpa sentuhan’ yang akan mengenali gerakan tangan dari 20 hingga 30 sentimeter. Dengan begitu, pengguna dapat mengoperasikannya dalam semua situasi. Teknologi ini akan tersedia untuk seri G dan V, serta foldable phone LG masa mendatang.

Soal smartphone yang dapat dilipat, terlepas dari rumor-rumor yang menyebut bahwa akan banyak vendor memanfaatkan momen MWC 2019 sebagai panggung yang tepat, jauh sebelum itu, Royole FlexPai sudah mengungkap bahkan menjual smartphone lipat. Disusul oleh Samsung dengan Galaxy F-nya yang disebut bakal dikenalkan bersamaan dengan peluncuran Galaxy S10 Series-nya pada 20 Februari mendatang.

Sementara untuk MWC 2019, pemain-pemain yang disebutkan di atas mungkin saja bertambah untuk mengenalkan produk yang dapat dilipat. Nantikan update selanjutnya soal MWC 2019 di kanal Teknologi JawaPos.com.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

MWC 2019 akan Banyak Mengungkap Perangkat yang Bisa Dilipat