alexametrics

Google Chrome di Smartphone Bakal Ikut ‘Gelap-gelapan’

12 Februari 2019, 11:38:10 WIB

JawaPos.com – Peramban atau browser Google Chrome di smartphone akan ikut ‘gelap-gelapan’. Hal tersebut setelah sebelumnya mereka mengumumkan tengah menguji fitur dark mode atau mode gelap di browser Google Chrome untuk Mac OS dan Windows.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman 9To5Google via AndroidAuthority, Selasa (12/2), menemukan bahwa Chrome 73 beta sekarang menawarkan opsi mode gelap di Android. Namun karena masih awalan, mode ini hanya muncul ketika pengguna mengunjungi opsi pengembang Android Pie dan memastikan mode malam selalu menyala.

Selain itu, mode gelap tidak berlaku untuk setiap aspek browser web. Mode ini hanya ditampilkan di jendela yang muncul setelah menahan suatu item seperti bisa dilihat pada gambar. Jadi, bagi yang berharap mode gelap yang lebih komprehensif di browser perlu mengunduh seperti Firefox untuk Android, Samsung Internet Browser atau Kiwi Browser.

Google Chrome, Chrome mode gelap, Chrome Gelap-gelapan,
Bocoran tampilan dark mode pada browser Google di smartphone Android. (EPA/9To5Google)

Google juga telah menguji mode gelap dalam versi beta dari Google Assistant untuk Android, tetapi seperti Chrome 73, itu jauh dari komprehensif. Namun demikian, antara paket mode gelap di Android Q dan dukungan yang tepat di beberapa aplikasi pihak pertama, sepertinya Google akhirnya merangkul tren ramah mata.

Sebagaimana diketahui, mode gelap memang menjadi sesuatu yang banyak diminta pengguna kepada Google. Pasalnya, selain dikatakan lebih baik untuk kondisi mata dalam penggunaan jangka panjang, mode gelap juga dapat lebih menghemat daya baterai atau listrik perangkat yang menggunakannya.

Untuk smartphone, Google dikatakan tidak menawarkan mode gelap berwarna hitam untuk perangkat yang menggunakan panel layar OLED untuk berbagai aplikasi. Mode ini menggunakan rona hitam yang tepat alih-alih abu-abu gelap yang terlihat di sebagian besar aplikasi Google, sehingga memungkinkan penghematan daya yang lebih baik pada layar OLED.

Sementara untuk Windows 10 dan Mac OS yang akan mendapat dukungan mode gelap saat ini juga sedang dalam pengujian. Peramban Google tampaknya akan mengaktifkan mode tersebut secara default. Hal itu dikarenakan menurut laporan tidak ditemukan pengaturan apapun untuk menonaktifkan mode tersebut.

Dark mode sendiri memungkinkan halaman default Google berwarna gelap saat membuka tab baru, border, dan menu konteks pun juga akan menampilkan warna hitam. Kemungkinan besar Google akan meluncurkan mode gelap ini pada Chrome 74, yang dijadwalkan rilis April 2019 mendatang.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Copy Editor :

Google Chrome di Smartphone Bakal Ikut ‘Gelap-gelapan’