JawaPos Radar | Iklan Jitu

Ingin Ubah Fokus Bisnis, Nintendo Rencanakan Pensiun dari Konsol Game?

12 Januari 2019, 20:18:59 WIB
Nintendo Switch, Nintendo Switch pensiun, Nintendo ubah bisnis
Nintendo Switch, konsol game besutan Nintendo. (Nintendo)
Share this

JawaPos.com – Nintendo kabarnya berencana mengubah fokus bisnis mereka di masa depan. Pabrikan konsol game legendaris pesaing Sony dan Xbox itu tampak memberi sinyal-sinyal bakal pensiun dari produsen konsol game.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman Fortune, Sabtu (12/1), dalam sebuah wawancara dengan Nikkei, presiden baru Nintendo, Shuntaro Furukawa mengisyaratkan bahwa Nintendo dapat keluar dari bisnis pembuatan konsol video game pada masa-masa mendatang. "Fleksibilitas sama pentingnya dengan kecerdikan. Kami tidak benar-benar terpaku pada konsol kami," katanya.

“Saat ini kami menawarkan Nintendo Switch yang dikembangkan secara unik dengan perangkat lunaknya. Dan itulah yang mendasari kami tentang bagaimana kami menghadirkan 'pengalaman Nintendo'. Karena itu, teknologi berubah. Kami akan terus berpikir fleksibel tentang cara menyampaikan pengalaman itu seiring berjalannya waktu,” imbuhnya.

Nintendo Switch, Nintendo Switch pensiun, Nintendo ubah bisnis
Nintendo Switch, konsol game besutan Nintendo. (RedBull)

Furukawa menerangkan, sejarah kebangkitan Nintendo lebih dari sekadar konsol semata, tentunya juga melalui semua perjuangan yang dihadapi orang-orang di Nintendo. Satu-satunya hal yang dipikirkan adalah apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Jika konsol game tidak lagi menjadi fokus utama Nintendo, lantas apa yang ingin dilakukan perusahaan tersebut jika nantinya benar-benar pensiun dari industri konsol game?

Ketika disinggung pertanyaan tersebut, Furukawa menyatakan bahwa mereka mungkin melihat peningkatan pemasukan lewat game di smartphone. Kemudian Nintendo juga menargetkan pundi-pundi uang lewat perjanjian lisensi atas karakter-karakter game mereka.

“Saya ingin meningkatkan jumlah game di smartphone yang memiliki aliran pemasukan yang berkelanjutan. Kami juga mencoba-coba di taman hiburan dan film dengan berbagai cara, agar karakter kami menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari,” terannya.

Terlepas dari isu pensiunnya Nintendo dari pembuatan konsol game yang belum secara gamblang dinyatakan perusahaan, Nintendo tercatat telah sukses menjual sebanyak lebih dari 22,8 juta unit Nintendo Switch sejak September 2018 di seluruh dunia. Bahkan rumor sebelumnya juga menyebut bahwa Nintendo tengah menggarap konsol Switch generasi kedua.

Selain itu, banyak yang menganggap bahwa Nintendo Switch tidak mungkin menjadi konsol terakhir. Sony dan Microsoft pun masih sama-sama bekerja pada produk generasi berikutnya. Namun, Nintendo juga diam-diam mencari alternatif lewat perilisan perangkat streaming game di Jepang, sebuah teknologi yang banyak orang percaya akan menjadi masa depan industri video game.

Editor           : Fadhil Al Birra
Reporter      : Rian Alfianto

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini