JawaPos Radar

Usung Snapdragon 636, Xiaomi Redmi Note 5 Makin Gahar

11/04/2018, 10:50 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Xiaomi, Redmi Note 5, qualcomm snapdragon 636
Senior Marketing Manager Qualcomm Technologies Dominikus Susanto di Jakarta, Selasa (10/4). (RianAlfianto/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kehadiran Xiaomi Redmi Note 5 patut ditunggu. Pasalnya, vendor ponsel asal Tiongkok itu telah mengonfirmasi bahwa produk terbarunya, Redmi Note 5, bakal hadir dengan chipset snapdragon 636. Penggunaan otak bikinan Qualcomm itu membuat Xiaomi menjadi vendor ponsel pertama di Indonesia yang mengadopsi System on Chip (SoC) Snapdragon 636.

Senior Marketing Manager Qualcomm Technologies Dominikus Susanto menjelaskan berbagai keunggulan yang ada pada Snapdragon 636. "Secara teknis Snapdragon 636 hadir membawa peningkatan performa hingga 40 persen dari pendahulunya di seri 600," kata Susanto di Jakarta, Selasa (10/4).

"Salah satu manfaat langsung yang dirasakan pengguna melalui chipset ini adalah kemampuan multitasking yang semakin smooth. Snapdragon 636 menggunakan CPU yang lebih tinggi, performa saat multitasking, yakni membuka banyak aplikasi sekaligus tanpa menutup aplikasi lainnya bakal lancar," tambah Susanto.

Xiaomi, Redmi Note 5, qualcomm snapdragon 636
Xiaomi Redmi Note 5 Pro (TechNave)

Peningkatan lain yang akan dirasakan pengguna atas perangkat dengan chipset Snapdragon 636 ini adalah performa gaming yang diklaim antilag saat bermain game. Bahkan untuk game kelas berat sekali pun.

Graphic Processing Unit (GPU) yang digunakan pada Snapdragon 636 adalah GPU Adreno 509 yang mendukung pengalaman penggunaan layar yang mumpuni. GPU-nya diklaim mampu mendukung tampilan display dengan resolusi
FHD+ untuk layar yang lebih besar.

"Karena GPU-nya lebih tinggi dari seri sebelumnya, sudah tentu untuk pengalaman gaming akan lebih halus. Gaming itu kan butuh performa grafis yang kuat, supaya nggak patah-patah saat main game," kata Susanto.

Lainnya adalah adopsi fitur chipset flagship dari seri 800 yang diterapkan pada seri 636 ini. Snapdragon 636 menggunakan Spectra 160 Image Signal Processor (ISP) yang sebelumnya hanya ada di Snapdragon seri 800.

Dengan Spectra 160 ISP, Susanto menjelaskan bahwa pengguna bisa mendapatkan foto yang fokus, memiliki keakuratan warna yang lebih baik karena deteksi cahayanya bisa otomatis HDR.

"Untuk kameranya tentu lebih baik dong. Karena Spectra 160 ISP-nya, sektor fotografi jadi lebih baik. Sebab bagus dan tidaknya hasil jepretan kamera tidak melulu buah dari resolusi yang dimilikinya. Chipset-nya juga berpengaruh," kata Susanto.

Terakhir yang paling penting adalah perangkat yang dibekali prosesor Snapdragon 636 memiliki baterai yang irit meski kapasitas baterainya kecil.

"Karena fabrikasi yang digunakan adalah 14nm, baterainya otomatis lebih irit dalam konsumsi daya. Smartphone yang menggunakan prosesor dengan proses 14nm itu baterainya bisa tahan sampai satu hari meskipun kapasitas baterainya tidak seberapa besar," pungkas Susanto.

Seperti diberitakan sebelumnya, Xiaomi Redmi Note 5 sejatinya telah meluncur di pasar global pada pertengahan Februari lalu. Rencananya, Xiaomi Redmi Note 5 akan menyapa Indonesia pada 18 April mendatang.

Pasar India menjadi debut perdana bagi Xiaomi Redmi Note 5 yang juga ada varian pro-nya, yakni Redmi Note 5 Pro. Bedanya, untuk pasar India, duo Xiaomi Redmi Note 5 hadir dengan chipset Snapdragon 625 yang notabene lebih rendah dari yang akan hadir di Indonesia.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up