alexametrics

Apple Disebut Buat Bisnis Baru, Provider Berbasis 5G

11 Februari 2019, 11:50:57 WIB

JawaPos.com – Apple disebuat akan membuat lini bisnis baru. Bisnis barunya itu tidak berkaitan dengan gadget namun provider telekomunikasi berbasis teknologi jaringan seluler generasi ke lima alias 5G.

Informasi soal lini bisnis baru Apple yang berkaitan dengan layanan telekomunikasi berbasis 5G diperoleh dari laman Lets Go Digital. Apple diketahui pada 3 Februari 2019 lalu di Benelux, mengajukan permohonan merek dagang di Kantor Kekayaan Intelektual di Benelux untuk merek dagang ‘Apple Bald Eagle 5G’.

Aplikasi ini diajukan oleh Marco Nicolo Amoresetti dari Prancis, perusahaan ini bertindak atas nama Apple Inc. Merek dagang diklasifikasikan sebagai Kelas 38 dengan uraian ‘layanan jaringan telekomunikasi seluler’.

Bald Eagle sendiri merupakan salah satu jenis unggas dalam hal ini elang laut. Bald Eagle juga menjadi lambang nasional di Amerika Serikat (AS).

Elang laut mewakili umur panjang, kekuatan, kebebasan, dan tentu saja kecepatan. Mungkin itulah simbol yang cocok untuk melambangkan layanan telekomunikasi 5G Apple.

Selain nama merek Bald Eagle 5G, Apple juga memiliki merek dagang, dengan bendera Amerika dan elang laut yang tergabung dalam logo khas Apple. Harus jelas bahwa Apple sendiri bukan penyedia jaringan dan atau mengembangkan peralatan jaringan 5G.

Bloomberg melaporkan pada akhir tahun lalu, Apple sedang mengembangkan modem sendiri. Dengan cara ini perusahaan tidak harus menunggu Intel. Rumor ini dikonfirmasi awal minggu ini oleh Reuters. Karena itu sangat mungkin bahwa merek dagang untuk Apple Bald Eagle 5G harus menggunakan modem mereka sendiri.

Menyoal perangkat 5G, tahun ini smartphone 5G pertama diharapkan bakal diumumkan akhir bulan ini dan akan dipamerkan di ajang Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona. Namun, ada satu produsen smartphone yang tidak akan hadir di pekan raya Eropa ini, yaitu Apple. Tidak ada iPhone baru yang diharapkan dari perusahaan AS bulan ini.

Akhir tahun lalu juga ada desas-desus bahwa Apple tidak akan merilis smartphone 5G hingga 2020. IPhone 5G akan menggunakan modem Intel, tetapi Apple belum puas dengan kualitas chip 8161 bikinan Intel. Ini akan membuat peluncuran pada 2019 tidak dapat diraih.

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Rian Alfianto

Copy Editor :

Apple Disebut Buat Bisnis Baru, Provider Berbasis 5G