JawaPos Radar

Bukalapak akan Bangun Pusat Riset Teknologi di Bandung Tahun Ini

11/01/2018, 15:03 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
bukalapak pusat riset teknologi
Founder dan CEO Bukalapak, Achmad Zaky saat memberikan sambutan di acara HUT Bukalapak ke 8 di Ciputra Art Preuner, Jakarta, Rabu (10/1) malam. (Istimewa/Bukalapak)
Share this image

JawaPos.com – Gebrakan awal tahun Bukalapak semakin berani. Di usianya yang memasuki 8 tahun, situs belanja online itu berencana mendirikan pusat riset teknologi di Kota Bandung.

“Kita ingin buat pusat riset teknologi terbesar di Indonesia,” kata Founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky saat ditemui JawaPos.com usai perayaan HUT Bukalapak ke-8 yang dihelat di Ciputra Art Preuner, Jakarta, Rabu (10/1) malam.

Rencananya pembangunan pusat riset tersebut akan direalisasikan tahun ini. “Pusat riset itu nantinya akan kami bangun di Kota Bandung. Rencana pendanaan sudah kami susun awal tahun ini, mudah-mudahan pertengahan tahun ini kita sudah dapat tempat dan sudah bisa groundbreaking,” jelas Zaky.

Dia berharap melalui pusat riset yang akan dibangun nanti, seluruh anak negeri yang tertarik kepada industri teknologi dapat belajar di satu kawasan terpadu. Mengenai pemilihan tempat mengapa di Kota Bandung, Zaky menyebut, hal itu dilakukan karena beberapa faktor. Antara lain karena pusat pendidikan teknologi banyak tersebar di Bumi Parahyangan itu.

“Kotanya enak, adem, sejuk. Nanti para inovator dan ilmuan-ilmuan Indonesia akan lahir di sana, di kota yang indah dan sejuk,” ujar pria lulusan Institut Teknologi Bandung itu.

Zaky juga berambisi bahwa suatu saat Indonesia akan punya pusat riset teknologi kelas dunia seperti Amerika Serikat (AS). Dia ingin sumber daya manusia tanah air bisa diakui dunia dalam bidang teknologi.

“Harus mulai dari sekarang. Kita sudah tertinggal jauh, jangan semakin jauh lagi. Kita harus jadi leader, jangan hanya mengikuti saja. Kalau tidak kita akan terus diolok-olok bangsa lain," pungkas Zaky.

(ce1/ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up