Jack Ma Pastikan Mundur Tahun Depan, Ini Sosok Penggantinya

10/09/2018, 14:40 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Chairman of the Board Alibaba Group, Jack Ma. (Gallup/GettyImages)
Share this

JawaPos.com - Masa jabatan Jack Ma Chairman of the Board Alibaba Group tinggal setahun lagi. Posisinya akan digantikan Daniel Zhang yang saat ini menjabat Chief Executive Officer Alibaba Group.

Dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, Senin (10/9), Alibaba mengumumkan bahwa satu tahun dari hari ini, 10 September 2019, Daniel Zhang akan meneruskan kepemimpinan Jack Ma. Selama 12 bulan ke depan ini Jack Ma akan terus menjabat sebagai Executive Chairman perusahaan untuk memastikan transisi kepemimpinan kepada Daniel Zhang berjalan sempurna.

Pihak Alibaba juga menyebut bahwa Jack Ma akan menuntaskan tugasnya yang saat ini sebagai anggota Board of Directors Alibaba Group hingga Rapat Umum Pemegang Saham perusahaan 2020 mendatang. Jack Ma sendiri adalah mitra seumur hidup dalam Alibaba Partnership (Kemitraan Alibaba) dan anggota dari komite kemitraan perusahaan.

Daniel Zhang, sosok yang akan meneruskan kepemimpinan Jack Ma sebagai Chairman of the Board Alibaba Group. (Istimewa/Alibaba)

Alibaba Partnership saat ini terdiri dari 36 mitra yang merupakan anggota manajemen senior Alibaba Group dan perusahaan afiliasinya. Sesuai dengan Anggaran Rumah Tangga Alibaba Group, Alibaba Partnership memiliki hak untuk menominasikan sebagian besar anggota Board of Directors di perusahaan.

Selain itu, Jack Ma dalam suratnya juga mengatakan bahwa bertepatan dengan peringatan ulang tahun Alibaba yang ke 19, dirinya dengan senang hati menyampaikan sebuah berita gembira. “Jajaran direksi telah menyetujui bahwa satu tahun dari sekarang, yaitu 10 September 2019 yang juga merupakan ulang tahun Alibaba yang ke 20, CEO Alibaba Group Daniel Zhang akan menggantikan posisi saya sebagai Chairman of the Board Alibaba Group,” ujar Jack Ma.

Dalam 12 bulan ke depan, dia mengaku akan bekerja berdampingan dengan Daniel untuk memastikan transisi kepemimpinan ini berjalan lancar. “Setelah itu, saya akan tetap berada dalam jajaran direksi Alibaba hingga Rapat Umum Pemegang Saham tahun 2020,” terang Jack Ma.

Lebih jauh, dia juga mengaku telah banyak memikirkan dan mempersiapkan rencana suksesi ini selama sepuluh tahun terakhir. Berkat dukungan Alibaba Partnership dan jajaran direksi, pria yang kemarin menyaksikan closing ceremony Asian Games 2018 itu mengaku sangat senang bisa mengumumkan rencana ini hari ini (10/9).

“Saya hendak berterima kasih kepada seluruh rekan di Alibaba dan keluarga, karena kepercayaan, dukungan, dan kerja sama kita selama 19 tahun ini telah mempersiapkan kita untuk apa yang dicapai hari ini dengan penuh kepercayaan diri dan kekuatan,” tutur Jack Ma.

Terakhir soal penggantinya, dia mengemukakan bahwa Daniel telah bersama Alibaba Group selama 11 tahun. Jack Ma menyebut, sejak Daniel mengambil alih posisi CEO, dia telah menunjukkan talenta luar biasa, kemampuan bisnis, dan kepemimpinan yang teguh.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi