JawaPos Radar

Samsung Enggan Tiru Popularitas Layar Notch iPhone X, Nih Alasannya

10/03/2018, 09:05 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Samsung Galaxy S9, Denny Galant
Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant (paling kiri) saat acara peluncuran Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus di Jakarta, Jumat (9/3). (Issak Ramadhan/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com – Layar dengan takik atau lekukan pada bagian atas smartphone mendadak populer dan ramai ditiru pabrikan ponsel lain. Desain layar yang dikenal memiliki istilah ‘Notch’ itu pertama kali dipopulerkan Apple dengan iPhone X-nya. Namun rivalnya, Samsung justru enggan memiliki layar dengan lekukan itu.

Head of Product Marketing IT & MobileSamsung Electronics Indonesia, Denny Galant mengatakan bahwa Samsung saat ini ingin lebih berkonsentrasi pada layar dengan desain bingkai sangat tipis. “Kita ingin fokus memapas bingkai atau bezel saja supaya semakin tipis lagi dan benar-benar bezel-less,” jelasnya kepada JawaPos.com saat acara peluncuran Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus di Jakarta, Jumat (9/3).

“Kita tidak ingin ke arah sana (meniru desain layar iPhone X, red) setidaknya untuk saat-saat ini. Jadi kalau ditanya apakah akan meniru? Jawabannya tidak,” imbuh Denny.

Samsung, Galaxy S9, Samsung Galaxy S9
Samsung Galaxy S9 (Issak Ramadhan/JawaPos.com)

Dirinya menyebut bahwa menipiskan bezel atau bingkai pada layar sebuah smartphone jauh lebih sulit daripada sekadar membuat lekukan di bagian atas layar. Sebab hal tersebut terkait dengan mekanisme dan sensor-sensor yang ada.

“Kita lebih prefer membuat layar dengan bingkai setipis mungkin. Kita ingin konsumen kita benar-benar menggenggam produk bezel-less. Bukan bezel-less yang hanya tagline saja,” tutur Denny.

Sebab, lanjut Denny, pengguna akan merasakan sensasi yang lebih ketika menggunakan ponsel dengan layar penuh. “Melakukan kegiatan multitasking, menonton video, bermain game dan bekerja juga jauh lebih nyaman,” kata Denny.

Denny menegaskan, Samsung masih akan setia dengan desain fullscreen yang dimilikinya saat ini dan nanti. Meski produk lain seperti Android P yang kabarnya akan mengadopsi desain notch juga.

Munculnya iPhone X dengan layar memiliki lengkungan di atasnya seolah menjadi pemantik bagi vendor lain untuk membuat hal serupa. Belakangan malah tanpa malu-malu berbagai vendor merilis desain yang hampir sama persis.

Asus Zenfone 5 dan Huawei P20 menjadi produk yang memakai poni awal tahun ini. Rumor lain juga berkembang jika Oppo dengan perangkat Oppo R15 dan LG dengan LG G7 juga akan menggunakan poni pada layar ponsel besutan mereka.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up