JawaPos Radar | Iklan Jitu

Insiden CES 2019: Keluar Jalur, Robot Imut ‘Tewas’ Dihajar Tesla

10 Januari 2019, 11:20:56 WIB
robot ditabrak tesla, robot ces 2019, tesla ces 2019
Mobil Tesla tipe S menabrak robot di gelaran CES 2019. (FinancialExpress)
Share this

JawaPos.com – Gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2019 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), memasuki hari ketiga. Pameran inovasi produk teknologi akbar level global itu masih akan berlangsung hingga Jumat (11/1) waktu setempat.

Gelaran CES 2019 tak hanya membawa inovasi teknologi ke level baru. Lewat pameran tersebut, insiden unik nyatanya juga terjadi. Bahkan lucunya, insiden tersebut melibatkan canggihnya teknologi bikinan manusia yang mendadak mengalami malfungsi.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman FinancialExpress, Kamis (10/1), insiden unik yang terjadi di CES 2019 melibatkan teknologi canggih, yakni peristiwa robot tertabrak mobil. Bukan robot dan mobil biasa, keduanya sama-sama dikendalikan oleh sistem otomatis di luar kendali manual manusia.

robot ditabrak tesla, robot ces 2019, tesla ces 2019
Tesla model S. Jenis mobil yang sama yang menabrak robot di gelaran CES 2019. (TainaSohlman/Alamy)

Adapun robot nahas yang tertabrak mobil adalah robot humanoid model v4 milik Promobot. Robot tersebut merupakan robot yang disewakan untuk dapat digunakan para vendor teknologi sebagai sarana promosi. Sementara yang menabrak robot tersebut hingga tersungkur dan ‘terluka’ parah adalah mobil Tesla model S. Mobil tersebut oleh si pemiliknya sedang menggunakan mode otonom atau mode self driving.

Kronologinya, tim teknisi dari Promobot sedang menggiring para robot promosi menuju booth-booth area pameran berlangsung dengan robot sejenis yang lain. Namun entah mengapa, ada satu robot ‘nakal’ yang nyeleneh keluar jalur rombongan tanpa diketahui teknisi yang menggiring tadi. Robot tersebut rupanya berjalan menuju ke jalan sekitar area parkir yang cukup ramai lalu lintasnya. Nahas, robot yang berada di tepi jalan dengan ukuran sebesar orang dewasa itu tertabrak mobil Tesla berwarna putih yang rupanya sedang dikemudikan dalam mode otonom.

Ketika mobil menabrak, robot itu tersungkur ke samping dengan tubuh, kepala, mekanisme lengan, dan platform gerak hancur. Pihak Promobot mengatakan bahwa kerusakan yang dialami robot tersebut sangat parah dan kemungkinan tidak dapat diperbaiki dan digunakan lagi.

Direktur Pengembangan Promobot, Oleg Kivokurtsev menjelaskan bahwa robot itu dibawa ke Las Vegas dari Philadelphia untuk berpartisipasi dalam gelaran CES 2019. Dia menambahkan bahwa perusahaan akan melakukan penyelidikan internal untuk mencari tahu mengapa si robot nakal tadi bisa keluar dari jalur dan pergi ke jalan sendiri.

Di tempat yang sama, pengemudi mobil Tesla George Caldera mengaku sedang mencoba kemampuan mengemudi mandiri Model S-nya. Dia berpikir tempat parkir adalah tempat yang ideal untuk menjajal mode otonom mobil Tesla miliknya karena tidak ada orang atau mobil pada saat itu. “Saya pikir stir akan berputar saat melihat robot itu. Tetapi tidak, mobil justru langsung menabraknya. Saya sangat menyesal, robotnya terlihat imut. Dan permintaan maaf saya yang tulus kepada para insinyur," kata George.

Saat ini, kasus tersebut tengah ditangani Departemen Kepolisian di Nevada. Pihak kepolisian mengaku sedang menyelidiki insiden itu. Kepolisian ingin tahu apa yang membuat sistem otonom Tesla tidak dapat mendeteksi si robot malang tersebut. Banyak pihak menyebut seharusnya sistem Tesla dapat mendeteksi robot sebagai penghalang dan melakukan manuver mengelak atau menginjak rem. Pihak Promobot pun sudah membagikan video rekaman robotnya yang ‘tewas’ dihajar Tesla. Namun bos Tesla, Elon Musk yang biasanya aktif di sosial media hingga kini belum memberikan jawaban.

Editor           : Fadhil Al Birra
Reporter      : Rian Alfianto

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up