alexametrics

Qualcomm Resmi Kenalkan Chip Snapdragon 712, Peforma Diklaim Ngebut

9 Februari 2019, 18:04:34 WIB

JawaPos.com – Pabrikan System on Chip (SoC) Qualcomm resmi merilis chip terbaru. Dia adalah Snapdragon 712 yang menjadi bagian baru dari seri 700. Qualcomm Snapdragon 712 terbaru diklaim lebih ngebut ketimbang pendahulunya yakni Snapdragon 710.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman 9To5Google, chip terbaru Snapdragon 712 menawarkan peningkatan kinerja, dukungan untuk QuickCharge 4.0+, dan peningkatan audio Bluetooth di antara beberapa perbaikan kecil lainnya.

Chip ini hanyalah peningkatan bertahap dari Snapdragon 710 dan masih dibangun pada proses 10nm. Kendati begitu, Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon 712 dapat memberikan peningkatan kinerja 10 persen dari generasi sebelumnya berkat kecepatan clock yang sedikit lebih tinggi dari delapan core Kyro 360.

Core baru sekarang berjalan pada 2.3 GHz dari pada kecepatan clock sebelumnya milik Snapdragon 710 yang hanya berada 2.2 GHz. Apakah chip terbaru itu bakal membuat perbedaan di dunia nyata masih harus dilihat. Kinerja gaming juga diklaim andal di chipset baru ini.

Sementara untuk dukungan audio Bluetooth yang ditingkatkan berasal dari teknologi TrueWireless Stereo Plus dan Broadcast Audio yang datang ke Snapdragon 712. Selain peningkatan dukungan audio Bluetooth, salah satu perkenalan terbaik dari chip terbaru itu adalah QuickCharge 4.0+ untuk kecepatan pengisian yang lebih cepat pada handset murah.

Semua fitur dari Snapdragon 710 hadir pada 712 dengan GPU Adreno 616 yang sama dan sebagian besar spesifikasi lainnya masih sama pula. Itu berarti dukungan untuk kamera ganda hingga 20 megapiksel atau penembak solo 32 megapiksel masih berada di perangkat ini. Modemnya tetap sama juga, dengan Qualcomm Snapdragon X15 dikemas di dalamnya.

Qualcomm Snapdragon 712 diharapkan bakal banyak hadir di perangkat smartphone afforddable dan ponsel kelas menengah yang akan datang sepanjang 2019 ini. Sebagai catatan, Snapdragon seri 7xx akan jadi perangkat kelas menengah premium dengan harga yang hampir setara dengan flagship. Tercatat sampai saat ini baru ada enam smartphone yang mengusung prosesor ini. Mereka adalah Xiaomi Mi 8 SE, Vivo Nex A, Nokia 8.1, Vivo Z3, Oppo R17 Pro, dan Samsung Galaxy A9 Pro.

 
 
 
 

Editor : Dyah Ratna Meta Novia

Reporter : Rian Alfianto

Qualcomm Resmi Kenalkan Chip Snapdragon 712, Peforma Diklaim Ngebut