JawaPos Radar | Iklan Jitu

Samsung dan Apple Akur di CES 2019, Bikin Kombinasi Perangkat Keren

09 Januari 2019, 10:58:57 WIB
Samsung Apple, Samsung Apple Kerja Sama, Samsung Apple CES 2019
Samsung dan Apple akur di CES 2019. (BBC)
Share this

JawaPos.com – Gelaran pameran teknologi Consumer Electronics Show (CES) 2019 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS), baru saja dimulai. Uniknya, acara yang digelar Selasa (8/1) waktu setempat hingga Jumat (11/1) mendatang itu sekaligus menjadi saksi akurnya dua penggawa teknologi, Samsung dan Apple.

Menyoal akurnya Samsung dari Korea Selatan (Korsel) dan Apple dari Amerika Serikat (AS) JawaPos.com lansir dari laman BBC, Rabu (9/1). Dalam gelaran CES 2019, Samsung mengungkap produk TV pintarnya akan membawa dukungan peranti lunak dari Apple Inc, iTunes. iTunes sendiri bisa memutar, mengorganisasi, dan membeli lagu bagi user Apple semisal iPhone, iPad, dan iPod.

Samsung mengatakan bahwa mulai musim semi 2019, TV pintar barunya akan menyertakan iTunes, perangkat lunak yang dibuat oleh perusahaan teknologi saingannya, Apple. Langkah itu menurut Eksekutif Senior Samsung Dave Das dipanggung CES 2019 merupakan langkah yang benar-benar pertama.

Samsung Apple, Samsung Apple Kerja Sama, Samsung Apple CES 2019
Gelaran CES 2019 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS). (Consumer TechnologyAssociation)

Bedanya dengan layanan iTunes yang ada pada perangkat Apple seperti kami beberkan di atas, layanan iTunes yang ada pada smart-TV Samsung ini akan menawarkan penjualan dan penyewaan film dan acara TV. Bukan musik atau lagu.

Selain akses ke iTunes, smart-TV Samsung juga akan menampilkan dukungan AirPlay 2. AirPlay 2 ini memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming video, foto, dan musik dari perangkat Apple yang mereka miliki. Seorang analis mengatakan langkah strategis tersebut akan menguntungkan kedua perusahaan.

Selain pengumuman TV pintarnya bakal memiliki dukungan peranti lunak iTunes dan AirPlay 2, Samsung di gelaran CES 2019 juga mengumumkan peluncuran jajaran baru TV QLED beresolusi 8K. Dalam line-up produk tersebut termasuk di dalamnya model paling wah dengan ukuran 98 inci.

Tidak hanya tersedia pada perangkat TV pintar teranyar yang baru mereka umumkan, smart-TV Samsung generasi sebelumnya juga dikatakan bakal mendapatkan fitur-fitur besutan Apple itu melalui pembaruan firmware. Namun, Samsung belum memastikan kapan pembaruan firmware bagi produk sebelumnya akan mulai digulirkan.

Editor           : Fadhil Al Birra
Reporter      : Rian Alfianto

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini