JawaPos Radar | Iklan Jitu

10 YouTuber Dunia dengan Duit Paling Banyak Tahun Ini, Siapa Saja?

08 Desember 2018, 10:32:50 WIB
youtuber paling kaya, youtuber banyak duit, youtuber dunia terkaya
Ilustrasi: Youtube. 10 YouTuber Dunia dengan Duit Paling Banyak Tahun Ini, Siapa Saja? (bbtv)
Share this

JawaPos.com – Kecanggihan teknologi rupanya mampu memunculkan beragam profesi baru. Siapa menyangka lewat platform jejaring sosial dan berbagi video seperti YouTube orang kini bisa menghasilkan uang jutaan dolar. Karenanya, kini orang-orang berlomba untuk menjadi yang paling populer di YouTube untuk mendapat lebih banyak pengikut lewat berbagai cara.

Omong-omong soal YouTube dan sarana mencari uang, Forbes baru-baru ini merilis jajaran YouTuber dunia dengan uang paling banyak. Data tersebut, sebagaimana JawaPos.com kutip merupakan penghasilan mereka dari 1 Juni 2017 hingga 1 Juni 2018.

Nah, berikut 10 YouTuber dengan penghasilan paling banyak di dunia, kami mulai dari urutan paling bawah terlebih dahulu.

10. Logan Paul

Logan Paul Youtube, Paul Logan Youtube, youtuber dunia terkaya
Logan Paul (businessinsider)

Berada di urutan ke sepuluh dari jajaran YouTubers dengan penghasilan paling banyak adalah Logan Paul. Logan Paul memiliki pendapatan sekitar USD 14,5 juta atau setara dengan Rp 210 miliar. Vlogger Logan Paul adalah penghasil pendapatan tertinggi keempat di YouTube tahun lalu. Namun, merek pribadinya jatuh setelah ia meng-upload video mayat yang ditemukannya di hutan Aokigahara Jepang, lokasi yang terkenal karena bunuh diri.

Akibatnya, YouTube menghapus Paul dari program Google Preferred yang berdampak pada pendapatan iklannya. Namun begitu, salurannya terus meraup banyak pelanggan. Dia pun terus mendapatkan penghasilan dari barang dagangan pribadinya dan pamornya yang bak selebriti. Meskipun skandal di Jepang sempat membuatnya terjatuh, nyatanya Paul mampu meningkatkan kembali penghasilannya sebesar USD 2 juta atau setara dengan Rp 29 miliar.

9. PewDiePie

PewDiePie, penghasilan PewDiePie youtube, youtuber dunia terkaya
PewDiePie (Youtube/businessinsider)

Berada di urutan selanjutnya, ada Felix Kjellberg atau populer dengan channel YouTube PewDiePie. PewDiePie memiliki uang sebanyak USD 15,5 juta atau setara dengan Rp 225 miliar. Tanpa banyak pertanyaan, PewDiePie adalah YouTuber paling sukses di dunia.

Namun skandal terbaru yang menuduh dirinya sebagai komentator video game rasis dan antisemitisme itu telah menyebabkan sedikit penurunan dalam sponsorship-nya. Meski demikian, seperti Logan Paul, PewDiePie berhasil meningkatkan kembali pendapatan keseluruhannya sekitar USD 3,5 atau setara dengan Rp 50,8 miliar antara Juni 2017 dan Juni 2018.

8. Jacksepticeye

Jacksepticeye, penghasilan Jacksepticeye youtube, youtuber dunia terkaya
Jacksepticeye (Youtube/businessinsider)

Selanjutnya, ada streamer video game Irlandia Sean McLoughlin atau Jacksepticeye. Dirinya adalah salah satu YouTuber pertama yang menjadi bagian dari jaringan Revelmode yang disponsori Disney. Total uang yang dimilikinya saat ini mencapai USD 16 juta atau setara dengan Rp 232 miliar.

Meskipun Disney akhirnya mencampakkan Revelmode, McLoughlin akhirnya menandatangani kontrak untuk membuat program asli untuk Disney XD, saluran TV yang dipasarkan untuk anak-anak dan remaja. McLoughlin juga berfungsi sebagai host untuk sejumlah acara langsung dan tur di Eropa dan Amerika Utara.

7. VanossGaming

VanossGaming, penghasilan VanossGaming Youtube, youtuber dunia terkaya
VanossGaming (businessinsider)

Selanjutnya, ada YouTuber VanossGaming. VanossGaming adalah saluran yang dijalankan oleh gamer Kanada Evan Fong. Meskipun Fong jarang muncul di kamera sendiri, nyatanya dirinya berhasil memiliki uang sebanyak USD 17 juta atau sekitar Rp 246 miliar.

Salurannya menonjol karena pengeditannya yang unik, seni orisinal, dan nada komedi. Selain dari video, kekayaan Fong juga didapatnya dari merk pakaian pribadinya dan musik yang diproduksi sendiri dengan nama Rynx.

6. Markiplier

youtuber dunia terkaya
Markiplier (businessinsider)

Selanjutnya, ada Mark Edward Fischbach atau Markiplier. Markiplier telah menjadi salah satu YouTuber video-game paling populer selama lebih dari lima tahun. Dirinya sering juga berkolaborasi dengan pembuat konten lain yang berpengaruh.

Fischbach pernah belajar untuk menjadi insinyur biomedis, tetapi mengalami serangkaian peristiwa yang mengubah kehidupannya, hingga akhirnya membawanya untuk mengejar karier YouTube. Fischbach mengatakan kepada Forbes bahwa peristiwa yang mengubah jalan hidupnya adalah kala putus dengan pacarnya serta dipecat dari pekerjaannya, dan akhirnya memutuskan untuk memulai salurannya di YouTube. Hari ini, dia memiliki lebih dari 22 juta pengikut di YouTube dengan total kekayaan USD 17,5 juta atau setara dengan Rp 254 miliar.

5. Jeffree Star

youtuber dunia terkaya
Jeffree Star (Youtube/businessinsider)

Sesaat keluar dari kategori gaming, di urutan selanjutnya ada beauty vlogger Jeffree Star. Setelah dikenal sebagai orang dengan followers paling banyak di MySpace, Jeffree Star telah melakukan transisi sangat sukses ke YouTube sejak 2014.

Star meluncurkan salurannya bersama merek makeup-nya, Jeffree Star Cosmetics. Dia mengunggah campuran tips kecantikan, tutorial, dan vlog pribadi. Star telah memperoleh lebih dari 11 juta pelanggan dengan sekitar 300 video. Dari upaya bersoleknya di YouTube, kini dirinya memiliki uang sebanyak USD 18 juta atau sekitar Rp 261 miliar.

4. DanTDM

DanTDM youtube, penghasilan DanTDM, youtuber dunia terkaya
DanTDM (Youtube/businessinsider)

Usai dari beauty vlogger, kini kembali lagi ke channel games. Berada di posisi kelima, ada video game streamer Australia Daniel Middleton atau DanTDM. Dirinya adalah YouTuber tertinggi tahun lalu dengan penghasilan USD 16,5 juta atau setara dengan Rp 239 miliar.

Pendapatan Middleton meroket berkat tur dunia yang mencakup empat pertunjukan yang terjual habis di Sydney Opera House dan merek pakaian pribadi yang berkembang pesat. Middleton membangun khalayaknya yang luar biasa dengan streaming game Minecraft dan baru-baru ini berperan di Disney Ralph Breaks the Internet sebagai eBoy. Tercatat, kini dirinya memiliki uang sebanyak USD 18,5 juta atau setara dengan Rp 268 miliar.

3. Dude Perfect

Dude Perfect youtube, penghasilan Dude Perfect, youtuber dunia terkaya
Dude Perfect (Youtube/businessinsider)

Sampai di posisi ketiga, ada Dude Perfect. Dude Perfect adalah saluran yang berfokus pada olahraga yang menampilkan ratusan jepretan trik dan aksi yang luar biasa. Saluran ini dijalankan oleh kelompok lima orang kembar Cory dan Coby Cotton, Garrett Hilbert, Cody Jones, dan Tyler Toney. Semuanya tercatat sebagai mawasiswa di Texas A & M University.

Trik dari grup mereka berhasil mengumpulkan banyak perhatian viral. Mereka membuat penampilan di Good Morning America dan beberapa acara ESPN. Ketika popularitas mereka berkembang, Dude Perfect juga telah memproduksi video dengan sejumlah atlet profesional terkenal, termasuk Odell Beckham Junior, Drew Brees, Chris Paul, dan Dale Earnhardt Junior. Grup ini tercatat memiliki uang sebanyak USD 20 juta atau setara Rp 290 miliar.

2. Jake Paul

Jake Paul youtube, penghasilan Jake Paul, youtuber dunia terkaya
Jake Paul (Youtube)

Pada posisi kedua, diisi oleh adik dari Logan Paul, Jake Paul. Sementara Logan Paul sempat tersandung penghasilannya karena kasus di Aokigahara, Jepang, adik laki-lakinya, Jake justru terus berkembang di ekosistem YouTube. Jake Paul merilis vlog harian dan video rap ke lebih dari 17 juta pengikut setiap minggu, dirinya berhasil memiliki uang sebanyak USD 21,5 juta atau setara dengan 312 miliar.

Seperti Logan, ketenaran internet Jake Paul yang paling awal sebenarnya berasal dari jaringan media sosial yang mati. Dia memiliki lebih dari 5 juta pengikut dan 2 miliar penayangan kontennya. Sekarang di usianya yang menginjak 21 tahun, Paul mendapat perhatian nasional karena pada Juli 2017 dirinya memiliki perseteruan dengan tetangganya atas keluhan kebisingan dan perhatian yang tidak diinginkan.

1. Ryan ToysReview

Ryan ToysReview youtube, penghasilan Ryan ToysReview, youtuber dunia terkaya
Ryan ToysReview (Youtube/businessinsider)

Berada di posisi puncak, ada bocah berusia 7 tahun dengan channel Ryan ToysReview. Ryan ToysReview adalah saluran YouTube dengan penghasilan teratas dan menampilkan host 7 tahun bernama Ryan.

Kesuksesan bocah itu berawal ketika orang tuanya mendokumentasikan ulasan mainannya pada Maret 2015 lalu. Kini, bocah dengan kekayaan USD 22 juta atau setara dengan Rp 319 miliar itu telah mengumpulkan lebih dari 17 juta subscriber. Meskipun basis pengikut Ryan tidak sebesar beberapa bintang top YouTube lainnya, pengaruhnya yang semakin besar pada industri mainan membantu menggandakan penghasilan keluarga sejak 2017 lalu.

Demikianlah jajaran 10 YouTuber terkaya dunia. Sayangnya, dari ke 10 daftar tersebut tidak ada yang hadir dari Indonesia. Padahal di Indonesia sendiri terbilang banyak channel dengan banyak iklan yang tampaknya juga membawa dampak keuangan bagi siempunya channel. Nantikan artikel menarik lainnya di Kanal Teknologi JawaPos.com.

Editor           : Fadhil Al Birra
Reporter      : (ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini