alexametrics

Saingi Qualcomm, MediaTek Siapkan Chipset Terbaru Dukung 5G

8 Maret 2019, 17:40:32 WIB

JawaPos.com – Tak hanya Qualcomm dengan Snapdragon 855-nya yang mendukung 5G. Kompetitor mereka, MediaTek, juga berencana membuat chipset terbaru yang memiliki kapabilitas jaringan seluler generasi kelima itu.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman AndroidAuthority, Jumat (8/3), MediaTek disebut akan mengumumkan chipset berkemampuan 5G akhir tahun ini. Chipset terbaru MediaTek itu disebut akan dibangun pada proses 7 nm dan akan bertujuan untuk segmen pasar yang lebih premium.

Para eksekutif perusahaan tidak menjelaskan secara rinci, tetapi mereka mengatakan bahwa itu akan menjadi perangkat yang lebih baik daripada chipset Helio P90 (chip 12 nm dengan dua inti Cortex-A75, enam A55).

MediaTek sendiri sudah memiliki modem Helio M70 yang dibangun di atas proses 7nm di pabrik TSMC. Ini adalah modem lengkap yang mencakup jaringan 2G hingga 5G. Tidak sepenuhnya jelas apakah chipset baru akan memiliki modem 5G bawaan atau apakah akan bergantung pada M70. Apa pun itu, M70 diharapkan ada di ponsel dan perangkat 5G lainnya pada paruh kedua 2020 mendatang.

Sebelumnya, perusahaan mengatakan sedang merancang chipset dengan inti Cortex-A76 baru. Ini mungkin modem 5G yang dimaksud, meskipun belum ada konfirmasi resmi mengenai hal itu.

Sebagaimana diketahui, saat ini memang tengah gencar para vendor mengumumkan kesiapannya menyambut kehadiran teknologi 5G. Persiapannya pun beragam. Salah satunya menghadirkan smartphone 5G seperti yang pernah kami beritakan sebelumnya. Malahan banyak yang menyebut bahwa 2019 merupakan tahunnya 5G.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Saingi Qualcomm, MediaTek Siapkan Chipset Terbaru Dukung 5G