JawaPos Radar | Iklan Jitu

Qualcomm Resmi Kenalkan Snapdragon 8cx, Bawa Performa Ekstrem

07 Desember 2018, 16:20:41 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
SNapdragon 8cx, Qualcomm SNapdragon 8cx, SNapdragon 8cx performa ekstrem
Chipset Qualcomm Snapdragon 8cx. (Istimewa/Qualcomm)
Share this

JawaPos.com – Pabrikan semikonduktor Qualcomm Techonolgies resmi mengungkap Qualcomm Snapdragon 8cx. Qualcomm Snapdragorn 8cx agaknya bisa menjadi langkah baru dari era Always Connected PC yang belakangan banyak dibicarakan. Huruf ‘X’ dalam penamaan Qualcomm Snapdragon 8cx disebut menjadi representasi dari performa System on Chip (SoC) ini dengan kemampuan ekstrem.

Dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, pihak Qualcomm mengatakan bahwa Snapdragon 8cx membawa fitur-fitur baru serta rancangan yang lebih tipis dan ringan. Ini memungkinkan bentuk perangkat baru bagi kategori perangkat Always Connected PC.

Senior Vice President and General Manager, Mobile, Qualcomm Technologies, Alex Katouzian mengungkapkan, Snapdragon 8cx memungkinkan pengguna untuk merasakan pengalaman komputasi dengan daya tahan berhari-hari dan konektivitas multi-gigabit dalam bentuk yang tipis dan ringan.

“Snapdragon 8cx didukung oleh CPU Kryo 495 octa-core terbaru, CPU Kryo tercepat yang pernah dirancang dan dibuat oleh Qualcomm Technologies, Inc. Dengan cache yang lebih besar dari compute platform sebelumnya, Kryo 495 memungkinkan multitasking yang lebih cepat serta meningkatkan produktivitas pengguna dan melampaui ekspektasi performa PC yang memiliki desain yang tipis, ringan, dan fanless yang ada saat ini,” katanya demikian.

SNapdragon 8cx, Qualcomm SNapdragon 8cx, SNapdragon 8cx performa ekstrem
Ilustrasi: Perangkat Always Connected PC dengan jeroan SoC Qualcomm Snapdragon 8cx. (Istimewa/Qualcomm)

Snapdragon 8cx dilengkapi oleh GPU Qualcomm Adreno 680 terbaru. GPU tersebut diklaim terkuat yang pernah diusung oleh Qualcomm Technologies. Dengan menggandakan memory interface dari 64 bit menjadi 128 bit dengan performa yang lebih ganas dari compute platform Snapdragon sebelumnya, konsumen disebut akan mendapatkan keuntungan dari pengalaman yang lebih baik dan grafis yang luar biasa saat menciptakan dan mengonsumsi konten.

Selain itu, Snapdragon 8cx dikatakan merupakan Snapdragon Compute Platform pertama untuk PC yang mendukung Qualcomm Quick Charge 4+. Fitur ini dirancang untuk memberikan waktu pengisian daya supercepat bagi pengguna yang selalu berpergian. Tidak hanya hitungan jam, pengguna bahkan diklaim bisa menggunakan perangkat yang dibekali SoC ini dengan waktu berhari-hari.

Menuju ke era 5G, modem LTE Qualcomm Snapdragon X24 yang ada dalam Snapdragon 8cx juga tersedia dan dirancang untuk membantu operator mengantarkan seluruh aset spektrum dan memperluas kapabilitas Gigabit LTE. Saat ini, Snapdragon 8cx berada dalam tahap sampling kepada konsumen dan diharapkan akan digunakan secara komersial di kuartal ketiga 2019.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up