JawaPos Radar | Iklan Jitu

Universal Robots Lirik Roadmap Making Indonesia 4.0

06 Desember 2018, 10:49:53 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Universal Robots, Roadmap Making Indonesia 4.0, Universal Robots Industri 4.0
General Manager Universal Robots Asia Tenggara dan Oseania Sakari Kuikka di acara media briefing Universal Robots di Jakarta, Rabu (5/12). (Istimewa)
Share this

JawaPos.com – Pasar robotika di Indonesia tampaknya mendapat perhatian serius dari luar negeri. Salah satunya vendor Collaborative Robot (Cobot) yang berbasis di Denmark, Universal Robots. Mereka mengaku telah menggelontorkan investasi besar di Indonesia.

Hal tersebut sejalan dengan tujuannya untuk memperkuat pasar Cobot, solusi otomasi, pengembangan jaringan mitra dan promosi pemahaman dunia robotik di Indonesia. Termasuk mengarah ke revolusi industri keempat atau gagasan Making Indonesia 4.0.

General Manager Universal Robots Asia Tenggara dan Oseania Sakari Kuikka mengemukakan, Indonesia masih berada di tahap ‘baru lahir‘ dalam hal penerapan Industri 4.0. Meski demikian, adopsi teknologi otomasi cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Universal Robots, Roadmap Making Indonesia 4.0, Universal Robots Industri 4.0
Demo Collaborative Robot oleh Universal Robots di acara media briefing Universal Robots di Jakarta, Rabu (5/12). (Istimewa)

“Kami melihat potensi besar untuk meningkatkan kesadaran dan adopsi otomasi robot sebagai pemacu bangsa yang mendorong Indonesia menjadi pusat manufaktur terkemuka di kawasan Asia Tenggara dan masuk dalam 10 negara dengan ekonomi terkuat di dunia pada 2030,” jelasnya dalam keterangan tertulisnya kepada JawaPos.com, Kamis (6/12).

Adapun langkah untuk memperkuat pasar di tanah air, dia menyebut bahwa Universal Robots bekerja sama dengan mitra yang memiliki keahlian teknologi untuk menilai, merekomendasikan, dan menerapkan solusi Universal Robots yang tepat. Terutama untuk perusahaan-perusahaan yang baru mengenal otomasi.

“Manfaat tanpa batas dan berbagai aplikasi yang luas dari Cobot menawarkan keuntungan besar bagi industri di Indonesia, meningkatkan produktivitas, kualitas, dan kesejahteraan pekerja,” tambahnya.

Sekadar informasi, Cobot adalah robot yang dirancang untuk dapat bekerja berdampingan dengan manusia secara aman dan menyasar segmen otomasi industri yang cepat berkembang. Menurut Federasi Internasional Robotika (International Federation of Robotics/IFR), teknologi Cobot diperkirakan akan meningkat sepuluh kali lipat menjadi 34 persen dari semua penjualan robot industri pada 2025.

Dari segi desain, Cobot memiliki bobot ringan, ringkas, fleksibel, serta dapat bekerja di ruang kecil dan di berbagai industri. Dengan fitur keamanan built-in, robot-robot ini diklaim aman untuk bekerja dari jarak dekat dengan manusia tanpa perlu memasang pembatas keamanan (tergantung pada penilaian risiko). Cobot juga disebut memiliki harga lebih murah jika dibandingkan dengan robot industri tradisional, juga diklaim lebih mudah dalam hal pengaturan serta membuat otomasi dapat diakses oleh semua bisnis dari berbagai skala.

Universal Robots di Indonesia mengaku telah hadir sejak 2013 silam. Universal Robots mendistribusikan Cobot-nya melalui distributor teknologi Indonesia dan mitra integrator sistem.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up