JawaPos Radar | Iklan Jitu

Fiber Optik Putus di Sumatera, Telkomsel Belum Tahu Penyebabnya

06 Desember 2018, 20:57:31 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Telkomsel Sumatera Putus, Fiber Optik Telkomsel Putus, Telkomsel Gangguan
Ilustrasi: antena jaringan Telkomsel. (Istimewa/Telkomsel)
Share this

JawaPos.com - Jaringan Telkomsel mengalami gangguan di Wilayah Sumatera. Para pengguna mengeluh lantaran jaringan operator plat merah itu tidak bisa diakses. Penyebabnya lantaran ada jaringan fiber optik yang putus.

Menanggapi hal itu, General Manager External Corporate Communications Denny Abidin mengaku belum mengetahui pasti penyebab putusnya jaringan fiber optik tersebut. Pasalnya, ada banyak hal yang bisa membuat jaringan terhambat.

Karena itu hingga kini dirinya masih berkoordinasi dengan pihak terkait guna menemukan dan memastikan penyebab putusnya jaringan fiber optik tersebut. "(Penyebabnya) bisa banyak hal. Kami terus mendalami dan berkoordinasi dengan Telkom selaku pemilik jaringan," ujarnya singkat kepada JawaPos.com, Kamis (6/12) malam.

Sebelumnya, Humas Telkomsel Sumbagteng Agus Winarto membenarkan bahwa jaringan Telkomsel di Sumatera tengah mengalami gangguan. Sayangnya dia belum mau memberikan rincian penyebab putusnya fiber optik tersebut.

"Fiber optik putus. Tapi itu sudah clear dan sedang proses perbaikan di sistem," katanya saat dikonfirmasi JawaPos.com di Pekanbaru, Kamis (6/12).

Gangguan jaringan internet ini terjadi di sejumlah wilayah di SUmatera. Di antaranya, Riau, Padang, Sumatera Barat, Medan, dan Sumatera Utara. Diperkirakan, gangguan internet sudah terjadi sejak pukul 12.00 WIB.

Atas kejadian ini, Telkomsel meminta maaf kepada pelanggan atas ketidaknyamanan layanan internet. Kini perusahaan masih berusaha untuk mengembalikan layanan agar dapat kembali normal.

"Saat ini kami sedang berupaya maksimal agar layanan dapat berfungsi normal kembali, dan pelanggan dapat menikmati layanan data dari Telkomsel," sambung General Manager ICT Operation Region Sumbagteng Noviandri.

Salah seorang warga Pekanbaru Rizky Armanda, 26, sangat menyesalkan gangguan layanan internet Telkomsel. "Susah saya kerja jadinya. Bagaimana caranya ini ya," keluh pria yang bekerja di salah satu surat kabar di Pekanbaru.

Ia berharap agar gangguan jaringan internet cepat teratasi. "Cepatlah selesaikan. Karena ngontak orang gak bisa juga jadinya ini," tuturnya.

Keluhan serupa disampaikan warga di Kota Medan. Akses internet Telkomsel bermasalah sejak pukul 11.30 WIB. "Tiba-tiba saja mati tadi. Mau ngapa-ngapain di handphone nggak bisa," ujar salah satu pelanggan Telkomsel, Dimas.

Selain warga, para jurnalis juga mengeluhkan kondisi ini. Beberapa jurnalis di Kota Medan kesulitan bekerja akibat jaringan internet yang tidak bisa diakses. Apalagi jurnalis online yang membutuhkan kecepatan pengiriman berita saat berada di lapangan.

"Kalau kayak gini bagaimana mau kerja. Internet nggak ada di lapangan. Apalagi cuma pakai Telkomsel pula itu," ungkap salah seorang jurnalis media online di Kota Medan, Jafar.

(fab/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up