alexametrics

Smartfren Pastikan Layanan Internet di Bali Mati Selama Nyepi

6 Maret 2019, 14:36:44 WIB

JawaPos.com – Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) mengaku siap mendukung amanat Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Nomor 3 Tahun 2019. Hal itu mengenai imbauan untuk mematikan layanan internet sementara selama perayaan Hari Raya Nyepi 2019 dan Tahun Baru Saka 1941 di Bali.

Presiden Direktur PT Smartfren Telecom Tbk Merza Fachys mengatakan, langkah yang diambil Smartfren ini juga sesuai dengan Surat Gubernur Bali Nomor 027/1342/Set/Diskominfos 21 Februari 2019 perihal bebas internet pada saat hari Nyepi. “Pada hari tersebut layanan internet Smartfren akan tidak dapat dinikmati masyarakat Bali sebagaimana hari-hari biasa,” jelasnya dalam keterangan resminya kepada JawaPos.com.

Kendati layanan internet dimatikan sementara terkait Hari Raya Nyepi, Merza memastikan bahwa kualitas layanan Smartfren di objek vital akan tetap terjaga demi kelancaran koordinasi jika memang terjadi kondisi darurat.

hari raya nyepi, nyepi 2019, smartfren nyepi bali
ilustrasi: perayaan Hari Raya Nyepi warga Hindu di Bali. (Dok.JawaPos.com)

“Untuk area objek vital dan layanan umum lainnya, yang sifatnya harus tetap berlangsung, seperti layanan rumah sakit, Kantor Kepolisian, instalasi Militer, BPBD, BMKG, Basarnas, pemadam kebakaran, maka komunikasi masih dapat digunakan,” imbuhnya.

Sekadar informasi, layanan internet Smartfren dikatakan bakal kembali normal sebagaimana mestinya pada Jumat 8 Maret 2019 pukul 06.00 WITA.

Seperti sudah diberitakan sebelumnya, menjelang pelaksanaan Hari Raya Nyepi 2019 tiba pada 7 Maret mendatang, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengimbau operator telekomunikasi untuk mematikan layanan data internet di Bali selama perayaan Hari Raya Nyepi.

Imbauan tersebut berdasar Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2019 dari Direktorat Telekomunikasi Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo. “Surat tersebut sebagai tindak lanjut dalam mendukung seruan bersama Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali selama perayaan nyepi,” jelas Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Copy Editor :

Smartfren Pastikan Layanan Internet di Bali Mati Selama Nyepi