JawaPos Radar

Google Rilis Sistem Berbasis AI untuk Deteksi Pelecehan Seksual Anak

05/09/2018, 20:10 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
google sistem ai, google pelecehan seksual, google pelecehan anak
Ilustrasi: kantor pusat Google, Mountain View, California, Amerika Serikat. (Google)
Share this image

JawaPos.com - Google merilis sistem berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) terkait pelecehan seksual. Perangkat gratis ini akan membantu organisasi dalam mendeteksi dan melaporkan gambar pelecehan seksual anak secara online.

Alat ini bergantung pada nueral netwrok computer atau jaringan saraf dalam untuk memproses gambar. Termasuk membantu ulasan dalam mengidentifikasi apakah sebuah konten mengandung pelecehan seksual anak.

Melansir laman Mirror, Rabu (5/9), alat ini dilepas Google dengan harapan mencegah gambar pelecehan seks anak muncul secara online. Hal tersebut tentu dapat mereduksi para ‘predator anak’ ataupun orang-orang yang berpotensi membahayakan anak agar tidak menularkan bahaya kepada pengguna internet lainnya.

google sistem ai, google pelecehan seksual, google pelecehan anak
Ilustrasi: kekerasan terhadap anak. (HindustanTimes)

Melalui blognya, Google Engineering Lead Nikola Todorovic dan Google Product Manager Abhi Chaudhuri menuliskan, Sistem ini merupakan langkah lanjutan dalam pertarungan kecerdasan buatan. Selain itu juga ikut memajukan teknologi Google dalam membantu penyedia layanan, LSM, dan perusahaan teknologi lainnya untuk meninjau konten dalam skala besar.

Google berharap melalui sistem berbasis AI tersebut, konten dapat teridentifikasi cepat. Sehingga anak-anak lebih cepat terlindungi dari pelecehan lebih lanjut.

"Dengan berbagi teknologi baru ini, identifikasi gambar dapat dipercepat. Pada gilirannya dapat menjadikan internet menjadi tempat yang lebih aman bagi para penyintas dan pengguna,” jelas CEO di Internet Watch Foundation Susie Hargreaves.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up