JawaPos Radar | Iklan Jitu

Xiaomi Makin Agresif, Siap Rambah Pasar Amerika Serikat

05 Juli 2018, 12:57:15 WIB | Editor: Fadhil Al Birra
Xiaomi, Wang Xiang, Xiaomi masuk amerika
Vice President Xiaomi Wang Xiang. (Vietnam Economic Times)
Share this

JawaPos.com – Pemasaran produk smartphone Xiaomi semakin agresif. Setelah sukses di beberapa negara dengan mambawa handset pintarnya, Xiaomi kini berencana merambah pasar selanjutnya, yakni Amerika Serikat (AS). Kabarnya, produk Xiaomi yang terkenal dengan harga ekonomis akan mendarat di AS mulai tahun depan.

Pernyataan itu diungkapkan Vice President Xiaomi Wang Xiang yang berbicara kepada Reuters tentang rencana perusahaan tahun 2019 mendatang. Menurut dia, pasar AS 'sangat menarik' dan perusahaan akan mulai mengembangkan perangkatnya agar kompatibel dengan jaringan AS.

Xiang mengatakan bahwa perusahaannya berharap dapat melakukan sesuatu meskipun perwakilan Xiaomi belum mencapai kesepakatan akhir dengan operator. “Jika berhasil, raksasa teknologi Beijing akan pindah ke pasar tempat perusahaan-perusahaan Tiongkok lainnya gagal di sana,” ungkapnya dalam sebuah pernyataan.

Xiaomi, Xiaomi masuk amerika, xiaomi apple
Ilustrasi: Apple Vs Xiaomi. (GSMArena)

Senat AS menyarankan operator untuk membatalkan kontrak mereka dengan Huawei. Sementara ZTE berada di ambang penutupan setelah melanggar perjanjian embargo dan kemudian gagal bekerja sama dengan pejabat AS. Hal itulah yang ingin dimanfaatkan Xiaomi dengan berencana masuk ke pasar AS menggantikan lawan-lawannya.

Meskipun situasi politik antara Tiongkok dan AS membawa ketegangan dalam perekonomian antara kedua negara, namun Xiang tetap positif. Dia menyoroti hubungan baik antara produsen chip Xiaomi dan Qualcomm yang bermarkas di San Diego, California, AS.

Termasuk dengan perusahaan induk Alphabet yang tak lain milik raksasa mesin pencari Google. Alasan lainnya adalah Xiang yang mengklaim bertanggung jawab atas operasi Qualcomm di Tiongkok sebelum bergabung dengan Xiaomi.

Seperti JawaPos.com lansir dari laman GSMArena, Kamis (5/7), ekspansi Xiaomi untuk memasuki lebih banyak pasar saat ini berjalan baik. Ini berhasil mengungguli Samsung sebagai vendor terbesar di India juga meluas ke negara-negara besar lainnya seperti Prancis dan Italia.

Sementara untuk pasar tanah air, Xiaomi yang sempat dijuluki sebagai vendor 'perusak harga pasar' ini juga boleh dibilang cukup berhasil. Salah satu strategi Xiaomi di tanah air adalah dengan membentuk komunitas, yakni MiFans atau fans Xiaomi. Nama Xiaomi di tanah air pun kini bisa dibilang cukup bersaing.

(ce1/ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up