alexametrics

Perayaan Nyepi di Bali, Operator Diimbau Matikan Layanan Data Internet

5 Maret 2019, 16:30:08 WIB

JawaPos.com – Pelaksanaan Hari Raya Nyepi 2019 tiba pada 7 Maret mendatang. Menjelang momen spesial umat Hindu tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengimbau operator telekomunikasi untuk mematikan layanan data internet di Bali selama perayaan Hari Raya Nyepi.

Imbauan tersebut berdasar Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2019 dari Direktorat Telekomunikasi Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo. “Surat tersebut sebagai tindak lanjut dalam mendukung seruan bersama Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali selama perayaan nyepi,” jelas Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu dalam keterangan resminya kepada JawaPos.com.

Lebih jauh, surat edaran tersebut berisi agar seluruh penyelenggara telekomunikasi yang menyediakan layanan akses internet di Provinsi Bali untuk melakukan langkah-langkah dalam mendukung seruan bersama tersebut pada Hari Raya Nyepi. Tepatnya akan berlangsung pada 7 Maret 2019 pukul 06.00 WITA sampai dengan 8 Maret 2019, pukul 06.00 WITA. Meski begitu, operator tetap diminta menjaga kualitas layanan akses internet untuk obyek-obyek vital. Termasuk layanan kepentingan umum lainnya yang sifatnya harus tetap berlangsung.

Hari Raya Nyepi, Nyepi di Bali, Nyepi internet mati
Ilustrasi: sambut perayaan Nyepi warga Hindu di Surabaya. (Suryanto/Radar Surabaya)

Hal tersebut dilakukan agar masyarakat dan penyelenggara jasa telekomunikasi melakukan langkah-langkah untuk menghindari serta menangkal hoaks dan konten negatif demi menjaga perayaan Nyepi tetap kondusif.

Ditemui secara terpisah, Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih menjelaskan, sebagai operator telekomunikasi, XL Axiata mengaku tak keberatan dengan imbauan Kemenkominfo demi perayaan Nyepi di Bali tetap kondusif.

Menurutnya, apa yang dilakukan operator terkait perayaan Nyepi di Bali untuk mematikan sementara layanan data internet merupakan hal yang biasa. Tahun lalu, Kemenkominfo juga melakukan hal yang sama atas seruan bersama Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali dalam pelaksanaan Hari Raya Nyepi.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Copy Editor :

Perayaan Nyepi di Bali, Operator Diimbau Matikan Layanan Data Internet