alexametrics

Xbox Live Bakal Hadir Lintas Platform, dari Android sampai Nintendo

5 Februari 2019, 21:21:34 WIB

JawaPos.com – Microsoft berencana menghadirkan Xbox Live di lintas platform, mulai dari Android hingga Nintendo Switch. Xbox Live sendiri diketahui sebagai layanan streaming game milik Microsoft yang memungkinkan game dimainkan di banyak konsol atau platform.

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari laman WindowsCentral via AndroidAuthority, Selasa (5/2), kabar rencana Microsoft memperluas layanan Xbox Live ke platform lain muncul melalui jadwal Game Developers Conference (GDC). Halaman GDC mengungkapkan rencana Microsoft untuk pengembangan kit lintas platform yang akan terhubung ke lebih dari dua miliar perangkat.

Melalui dokumen tersebut terungkap software developer kit (SDK) untuk cross-platform. SDK tersebut memungkinkan pengembang mengintegrasikan Xbox Live dalam iOS, Android, dan Switch game. Adapun dokumen tersebut berjudul Xbox Live: Growing & Engaging Your Gaming Community Across iOS, Android, Switch, Xbox, dan PC.

Xbox Live, Xbox Live Andoid, Xbox Live Nintendo Switch
Ilustrasi: Platform streaming game Xbox Live. (Xbox)

“Dapatkan tampilan pertama di SDK untuk memungkinkan pengembang game menghubungkan pemain antara iOS, Android, dan Switch di samping Xbox dan game apa pun di Microsoft Store pada PC Windows,” demikian bunyi kutipan dokumen tersebut.

Halaman ini mencatat bahwa pengembangan kit akan memungkinkan para pemain dapat terintegrasi Xbox Live. “Ini akan membawa sejarah pencapaian game, daftar teman, klub, dan banyak lagi bersama mereka ke hampir seluruh layar,” lanjut dokumen tersebut.

Rencana raksasa perangkat lunak Microsoft untuk menghadirkan layanan Xbox Live ke banyak platform dikatakan dapat memecahkan masalah bagi para pengembang game. Sebagaimana diketahui, para pengembang game memiliki hambatan dan berharap agar gamers bisa berkomunikasi dan bermain, terlepas dari perangkat apa yang mereka gunakan. Platform diketahui menjadi salah satu pemisah gamer di masa lalu.

Masih soal gaming lintas platform, Microsoft diketahui memang selalu terbuka dengan gagasan tersebut. Hal itu agaknya merupakan bentuk kesadaran Microsoft soal gaming yang saat ini lebih banyak dimainkan di platform mobile dari pada konsol atau PC.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Copy Editor :

Xbox Live Bakal Hadir Lintas Platform, dari Android sampai Nintendo