alexametrics

Pojok Pintar Sisternet Dorong Literasi Digital Perempuan

4 Maret 2019, 17:58:11 WIB

JawaPos.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan XL Axiata menginisiasi wahana belajar Pojok Pintar Sisternet. Wahana tersebut dimaksudkan sebagai ‘rumah singgah’ guna mendorong perempuan Indonesia agar lebih melek teknologi digital. Di sana perempuan bisa belajar, berbagi, dan memperluas wawasan mengenai berbagai isu pemberdayaan perempuan. Termasuk peluang sosial ekonomi dengan memanfaatkan teknologi digital.

Sekretaris Jenderal Kemenkominfo Rosarita Niken Widiastuti mengatakan, perempuan harus bisa memanfaatkan teknologi agar lebih berdaya dan mengembangkan potensi diri. “Perempuan saat ini semakin sadar teknologi. Mulai dari mengonsumsi informasi yang berkualitas hingga dimanfaatkan untuk menambah penghasilan untuk meningkatkan ekonomi,” katanya daat jumpa pers Kemenkominfo dan XL Axiata di Jakarta, Senin (4/3).

Lebih jauh, dengan adanya Sisternet, Kemenkominfo berharap, ekosistem telekomunikasi bisa mengambil peran serta memberdayakan perempuan dalam memanfaatkan teknologi secara bijak dan bermanfaat. “Kami berharap agar perempuan lebih melek digital. Apalagi saat ini banyak informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya dalam bentuk hoaks atau berita bohong,” imbuhnya.

Pojok Pintar Sisternet, Kemenkominfo XL Axiata, Kemenkominfo SisternetXL Axiata, Kemenkominfo Sisternet
Peresmian Pojok Pintar Sisternet di gedung Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Senin (4/3). (Rian Alfianto/JawaPos.com)

Pada kesempatan yang sama, Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya menuturkan, era digital membuka kesempatan luas bagi siapa saja untuk meningkatkan kemampuan dengan memberdayakan potensi diri. Pojok Pintar Sisternet akan menjadikan perempuan lebih terliterasi digital sejalan dengan kemajuan sosial dan ekonomi masyarakat dengan teknologi digital. “Pojok Pintar merupakan bagian dari upaya kami untuk mendorong kaum perempuan Indonesia untuk semakin maju secara sosial dan ekonomi,” tuturnya.

Sekadar informasi, Pojok Pintar Sisternet bertempat di Kantor Kemenkominfo, Jalan Medan Merdeka Barat 9, Jakarta Pusat. Sejumlah aktivitas diklaim telah disiapkan di Pojok Pintar. Setiap bulannya akan ada kelas bertajuk Sister Berbicara dengan beragam materi yang diajarkan, seperti digital parenting, kewirausahaan, literasi digital, dan fotografi jurnalistik.

Setiap materi akan dibawakan oleh seorang ahli di bidang terkait yang akan memandu peserta untuk mengetahui lebih dalam setiap tema. Termasuk bagaimana memanfaatkan sarana digital untuk mendapatkan hasil yang maksimal terkait dengan materi yang telah dipelajari.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Copy Editor :

Pojok Pintar Sisternet Dorong Literasi Digital Perempuan