alexametrics

Telkomsel Gandeng Huawei dan Cisco untuk Infrastruktur 5G di Indonesia

2 Maret 2019, 22:05:46 WIB

JawaPos.com – Telkomsel mengumumkan kemitraan strategisnya dengan dua pemain teknologi terkemuka, Cisco dan Huawei, dalam perhelatan Mobile World Congress 2019 (MWC) 2019 di Barcelona, Spanyol. Kerja sama ini diklaim sebagai upaya Telkomsel dalam pematangan kesiapan 5G di Indonesia.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah mengatakan, sebagai operator seluler terkemuka di Indonesia, Telkomsel memiliki tanggung jawab untuk mendukung pengembangan dan implementasi teknologi di Indonesia. “Dua kerja sama strategis ini merupakan bentuk nyata dalam pematangan kesiapan teknis Telkomsel untuk pengaplikasian jaringan 5G di Indonesia. Ini tentu mendukung pencapaian visi Indonesia Digital 2025,” katanya dalam keterangan resminya kepada JawaPos.com.

Cisco didapuk sebagai mitra lantaran disebut sebagai pemimpin teknologi dunia yang mendorong inisiatif untuk inklusi digital pertama di Indonesia. Cisco juga dikatakan bakal membantu meningkatkan jaringan selular Telkomsel dengan kesiapan 5G. Kolaborasi ini akan membangun sebuah CDA 5G Test Hub untuk memfasilitasi pengujian dan integrasi adopsi 5G di Indonesia.

Seperti sudah disinggung di atas, selain Cisco, Telkomsel juga menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Huawei dalam rangka pengembangan infrastruktur TIK yang kuat melalui Joint Innovation Center 5.0, eksplorasi layanan digital, dan pengembangan bakat.

Sebagai informasi, Telkomsel memperkenalkan teknologi 5G pertama di Indonesia saat ASIAN Games Agustus 2018 lalu. Melalui aktivasi Telkomsel 5G Experience Center, masyarakat Indonesia dapat merasakan langsung implementasi teknologi revolusioner yang nantinya dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi secara nyata.

Dalam pengujian 5G kala itu, berbagai perangkat yang diperkenalkan Telkomsel di antaranya adalah live streaming, football 2020, future driving, cycling everywhere, dan autonomous bus. Seluruh perangkat tersebut merupakan beberapa dari banyak instrumen yang bakal merasakan manfaat teknologi 5G.

Editor : Fadhil Al Birra

Reporter : Rian Alfianto

Copy Editor :

Telkomsel Gandeng Huawei dan Cisco untuk Infrastruktur 5G di Indonesia