JawaPos Radar

Browsing Kepentingan Pribadi pada Jam Kerja? Berarti Anda Cyberloafing

01/09/2017, 18:43 WIB | Editor: Dwi Shintia
Browsing Kepentingan Pribadi pada Jam Kerja? Berarti Anda Cyberloafing
Ilustrasi (Pixabay)
Share this image

JawaPos.com - Pernah berselancar di dunia maya untuk urusan pribadi pada jam-jam kerja? Itu berarti anda melakukan cyberloafing.

Baru-baru ini, The Journal of Psychosocial Research on Cyberspace mengungkapkan hasil penelitian bahwa penggunaan internet secara berlebihan selama jam kerja menyebabkan malapetaka pada karir.

Istilah cyberloafing diciptakan untuk menggambarkan mereka yang menjelajah secara online untuk kepentingan pribadi saat mereka seharusnya bekerja. Sebagian besar orang yang melakukan cyberloafing melakukan aktifitas belanja online dan mengakses berita pada jam kerja tersebut.

Matthew McCarter, associate professor bidang manajemen di The University of Texas, San Antonio mengatakan bahwa salah satu masalah terbesar bagi manajer perusahaan karena kerugian finansial karena berkurangnya produktifitas pegawai. Dia menemukan bahwa sekitar 14 persen waktu kerja dihabiskan oleh para pekerja untuk cyberloafing. ’

"Dan setiap kali seorang karyawan terganggu oleh internet, maka mereka membutuhkan waktu sekitar 23 menit untuk kembali bekerja, tidaklah efisien,’’ paparnya.

Hal tersebut tidak hanya mengancam masa depan perusahaan, namun juga orang-orang yang melakukan cyberloafing itu sendiri, disadari atau tidak. McCarter menyarankan supaya kita kembali fokus dengan pekerjaan, sesuai dengan visi karir masing-masing orang. (*)

(Daily Mail/ina/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up