JawaPos Radar

Qualcomm Besut Chipset Baru, Untuk Wearable Ekonomis

01/07/2018, 18:34 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Qualcomm Besut Chipset Baru, Untuk Wearable Ekonomis
Penggunaan perangkat wearable earbud. (NewScientist)
Share this image

JawaPos.com – Pembuat chipset Qualcomm kembali melepas prosesor terbaru. Bukan untuk ponsel pintar atau komputer, chip yang dirilis Qualcomm akan disematkan pada perangkat wearable dalam hal ini earbud atau earphone. Menyasar perangkat earbud dengan segmen menengah kebawah alias ekonomis.

Chipset tersebut adalah QCC3026. Merupakan versi ekonomis dari QCC5100 yang dikenalkan pabrikan asal San Diego, California, Amerika Serikat (AS) awal tahun lalu. Adapun chipset QCC5100 yang dibuat menyoroti peningkatan pada masa pakai baterai, penerimaan, dan kekuatan pemrosesan earbud nirkabel.

Sementara untuk versi murah QCC5100 yakni QCC3026 dimaksudkan untuk mempermudah perusahaan perangkat untuk membuat perangkat audio yang terhubung ke perangkat Bluetooth tingkat entri dan menengah mereka. Earbud yang tertanam chip QCC3026 juga akan hadir pada kemasan smartphone yang didalamnya sudah terdapat earphone sebagai paket penjualan.

Qualcomm Besut Chipset Baru, Untuk Wearable Ekonomis
Earbud yang telah tertanam chip QCC3026 milik Oppo. (Oppo)

Bluetooth Audio System-on-Chip (SoC) QCC3026 menargetkan produsen ponsel, yang semakin memperhatikan penghapusan jack headphone standar dari desain ponsel pintar mereka. SoC ini juga dapat diprogram dengan flash, yang diklaim dapat mengurangi konsumsi daya hingga 50 persen.

Dalam pernyataan yang dirilis Anthony Murray GM dari Voice & Music di Qualcomm Technologies mengatakan bahwa solusi chip tunggal terobosan ini dirancang untuk mengurangi konsumsi daya secara dramatis dan menawarkan kemampuan pemrosesan yang ditingkatkan untuk membantu pelangganmembangun perangkat baru yang kaya akan peningkatan kualitas.

Seperti dilansir dari laman ComputerBusinessReview, Minggu (1/7), Qualcomm mengklaim perangkat chipset-nya ini akan membuka kemungkinan baru untuk aplikasi yang dapat digunakan berulang termasuk asisten virtual, pendengaran tambahan dan peningkatan mendengarkan musik.

“Pembuat perangkat audio terus menerus mencoba untuk mendesain perangkat yang lebih kecil dengan segala fitur lebih baik. Pelanggan dalam beberapa tahun terakhir telah beralih ke ranah perangkat nirkabel. Memasukkan begitu banyak teknologi ke dalam faktor bentuk yang kecil adalah tantangan teknologi besar,” kata Murray.

Sementara, melansir laman TheVerge, Minggu (1/7), salah satu peranglat earbud yang telah tertanam QCC3026 adalah O-Free milik Oppo. Earbud nirkabel O-Free dengan QCC3026 akan dibundel dengan penjualan smartphone Oppo Find X edisi Lamborghini. Sementara O-Free akan tersedia sendiri pada bulan Agustus untuk CNY 699 atau sekitar Rp 1,5 juta.

(ryn/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up