alexametrics

PHRI Siapkan Hotel untuk Karantina Warga Yang Datang dari Luar Negeri

31 Desember 2021, 16:34:29 WIB

JawaPos.com- Bandara Internasional Juanda tengah dipersiapkan untuk kembali membuka kedatangan penerbangan internasional. Itu berarti akan banyak warga dari luar negeri yang menjalani karantina. Terutama pekerja migran Indonesia (PMI).

Pembukaan kedatangan internasional itu dimaksudkan untuk mengurangi beban Bandara Soekarno-Hatta supaya tidak terjadi penumpukan di sana. Begitu pula tempat karantinanya.

Beberapa asrama dan hotel di Surabaya dan sekitarnya telah dipersiapkan untuk menjadi lokasi karantina. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, sekitar 30 persen PMI berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan NTB. Karena itu, akan lebih baik jika Bandara Juanda dibuka khusus untuk melayani para PMI.

Ribuan PMI diharuskan menginap di tempat yang disediakan selama 10‒14 hari. Karantina itu wajib dilakukan untuk mencegah persebaran virus.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Jawa Timur (PHRI Jatim) Dwi Cahyono mengungkapkan, hotel-hotel juga akan menyediakan kamar untuk karantina warga yang telah melakukan perjalanan internasional. Hotel-hotel tersebut diperbolehkan mendaftarkan diri untuk menjadi hotel repatriasi. Sejumlah fasilitas dipersiapkan, utamanya soal keamanan dan protokol kesehatan yang ketat.

Ada beberapa hotel yang telah mendaftarkan diri. Proses administrasi dan survei lapangan tengah dilakukan. ’’Maaf ini sedang diusahakan didata, hotel-hotel repatriasi,’’ kata Dwi.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : rin/c7/ady

Saksikan video menarik berikut ini: