alexametrics

Pemkot Tambah Ruang Terbuka Hijau di Surabaya Barat dan Timur

31 Desember 2021, 19:40:48 WIB

JawaPos.com- Program penghijauan terus dilakukan. Pada 2022 nanti Pemkot Surabaya kan menambah jumlah pohon di wilayah timur dan barat. Dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH) masih melakukan pendataan dan pemetaan wilayah.

Kepala DKRTH Kota Surabaya Anna Fajriatin mengatakan, penambahan jumlah pohon sudah pasti dilakukan. Namun, jumlahnya belum ditentukan. ”Yang jelas, tahun depan kita masih ada (pengadaan pohon, Red),” ujarnya.

Anna mengatakan sebagai kota metropolis, perkembangan Kota Surabaya termasuk cukup pesat. Bangunan bertingkat terus bertambah di sejumlah wilayah. Jumlah kendaraan bermotor di jalan pun semakin banyak. Hal itu memang tidak bisa dibendung sebagai konsekuensi atas kemajuan kota.

Nah, perkembangan kota tersebut tentu punya dampak positif dan negatif. Dampak positifnya, aktivitas bisnis semakin menggeliat. ”Dampak lain, tentu ada pengaruhnya ke kualitas udara Kota Surabaya dengan bertambahnya gedung bertingkat dan kendaraan bermotor di jalan,” paparnya.

Demi menjaga kualitas udara tetap bagus, jumlah ruang terbuka hijau (RTH) harus ditambah. Anna mencontohkan wilayah di pusat Surabaya. Selain menjadi pusat aktivitas masyarakat, jumlah RTH juga sangat cukup. ”Jadi seimbang,” ujarnya.

Di wilayah timur dan barat, jumlah RTH masih perlu ditambah. Karena itu, dinas berencana menambah jumlah pohon untuk menjaga kualitas udara di seluruh penjuru Kota Pahlawan. ”Sebetulnya, ini tidak hanya dilakukan dinas. Kami juga mengajak masyarakat untuk ikut melakukan penghijauan meski skala kecil,” jelasnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : adi/c6/ady

Saksikan video menarik berikut ini: