alexametrics

Siskohat Sudah Buka Lagi, Daftar Tunggu Haji di Sidoarjo 33 Tahun

31 Agustus 2021, 10:00:04 WIB

JawaPos.com – Setelah terhenti lebih dari sebulan, Senin kemarin (30/8) layanan pendaftaran haji kembali dibuka. Masyarakat yang telah lama ingin mendaftar agar bisa beribadah ke Tanah Suci mendatangi kantor layanan haji dan umrah di Kemenag Sidoarjo.

Pada hari pertama buka, sebanyak 21 warga yang mendaftar haji. ”Begitu sampai di kantor, kami langsung mengecek sistem komputerisasi haji terpadu (siskohat). Ternyata sudah dibuka dan kami langsung mengumumkan ke grup kelompok bimbingan ibadah haji dan bank penerima setoran agar diinformasikan kepada masyarakat,” kata Kasi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umrah Kemenag Sidoarjo Rohmat Nasrudin.

Warga pun berdatangan. Mereka tidak berkeberatan meski masa tunggu pergi haji mencapai 33 tahun. Sebelum layanan pendaftaran dibuka, banyak warga yang bertanya tentang pendaftaran. Namun, pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4, siskohat masih nonaktif.

Yang kadung menyetor dana awal ke bank bisa langsung melanjutkan pendaftaran. ”Hari ini (kemarin, Red) yang sudah setor ke bank datang membawa bukti dan didaftarkan dalam siskohat sekaligus menjalani perekaman biometrik,” jelas Nasrudin.

Sebelum pandemi, rata-rata ada 45–50 warga yang mendaftar haji per hari. Namun, saat ini jumlahnya telah berkurang. Dalam sehari, jumlah warga yang mendaftar haji mencapai 20–30 orang. Setelah masa pembatasan, diperkirakan jumlah pendaftar kembali meningkat.

Hari ini diprediksi banyak warga yang mendaftar haji. Sebab, mereka sudah mengetahui layanan pendaftaran haji dibuka lagi. Untuk layanan permohonan rekom umrah, sampai sekarang belum ada permintaan.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : may/c14/any

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads