alexametrics

Cucu Risma Beri Nama Dumbo untuk Bayi Gajah di Kebun Binatang Surabaya

31 Juli 2019, 17:29:25 WIB

JawaPos.com – Bayi gajah seberat 122 kilogram yang lahir pada Senin (22/7) itu diberi nama Dumbo. Adalah Gween Syareefa Benardi, cucu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, yang mengusulkan nama tersebut saat di mobil dalam perjalanan menuju Kebun Binatang Surabaya (KBS) kemarin sore (30/7).

Gween sepertinya ingat dengan film gajah terbang berjudul Dumbo yang sudah ditontonnya. Gajah bertelinga lebar yang berpisah dengan induknya itu menjadi anggota sebuah sirkus. Risma –sapaan Tri Rismaharini– yang menjelaskan makna Dumbo itu menyatakan pernah membaca cerita tentang Dumbo dalam versi yang berbeda.

”Cerita Dumbo ini kalau tidak salah ditinggal mati bapak-ibunya. Ia bisa menempatkan diri dan menjadi semacam tokoh atau raja di lingkungannya,” terang Risma. Tapi, dia memang mengakui bahwa yang mengusulkan nama Dumbo adalah Gween. ”Dia (Gween) seneng aja waktu tak ceritain ada gajah kecil lahir di KBS,” tambahnya.

Terlepas dari beda versi nenek dan cucu itu, Dumbo adalah sebuah anugerah bagi KBS. Kini koleksi gajah di Perusahaan Daerah Taman Satwa KBS tersebut menjadi enam. Tiga betina dan tiga jantan, termasuk Dumbo. Dumbo lahir dari gajah betina bernama Lembang, 47, dan jantan Doa, 52. Sebelumnya Lembang melahirkan gajah Gonzales pada 20 Desember 2010. Risma pula yang memberi nama Gonzales.

”Dumbo ini lahir di tengah-tengah kota. Bukan di tengah-tengah hutan,” jelas Risma. Pemberian nama Dumbo itu ditandai dengan pengecatan karangan bunga. Juga ada potong tumpeng oleh Risma. Tumpeng tersebut diberikan kepada salah seorang mahoot atau pawang gajah.

Ada banyak pesan yang dititipkan Risma untuk KBS ke depan. Mulai penataan pintu masuk yang akan dipindah ke sebelah selatan. Hingga soal satwa jomblo yang harus dicarikan pasangan.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : jun/c9/ano


Close Ads