alexametrics

Kabid Angkutan Dishub Sunoto: 17 Bus Layani Rute Lidah Wetan–ITS

30 November 2021, 12:48:44 WIB

JawaPos.com – Targetnya, akhir bulan depan layanan buy the service (BTS) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mulai beroperasi di Surabaya. Rencananya, ada 17 unit bus yang melayani sepanjang rute dari kawasan Lidah Wetan ke ITS via Karang Menjangan. Pada tahap awal, tarif layanan akan digratiskan. Seperti apa?

Bagaimana persiapan layanan transportasi massal perkotaan melalui mekanisme BTS yang akan berjalan di Surabaya?

Sesuai pemaparan dari Kementerian Perhubungan, program transportasi massal perkotaan dengan sistem BTS yang diberi nama Teman Bus ini akan berjalan bulan depan. Tahun ini baru satu rute yang diuji coba. Berikutnya pada 2022 ditambah menjadi lima rute.

Dalam layanan ini, bus akan disediakan oleh Kemenhub. Total ada 17 unit, termasuk bus cadangan. Kurang lebih modelnya sama, menggunakan low deck juga.

Nah, operatornya nanti dari swasta yang telah bekerja sama dengan Kemenhub. Informasi terakhir, sudah ada siapa operatornya. Bus juga dalam proses produksi.

Bagaimana mekanisme penghitungan tarif dalam sistem BTS itu nanti?

Tarif didasarkan pada jarak riil yang ditempuh tiap armada bus. Itulah yang akan dibayar penumpang. Jadi, armada yang jalan fokusnya bukan cari penumpang. Ini kelebihan sistem BTS.

Operator berfokus pada ketepatan waktu tempuh dan kualitas layanan. Itulah yang akan dibayarkan oleh Kemenhub kepada mereka.

Untuk BTS ini, semua diawasi Kemenhub langsung karena anggarannya dari sana.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gal/c6/git

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads