alexametrics

Alhamdulillah, Sidoarjo-Gresik Susul Surabaya Berstatus PPKM Level 1

Tapi, 24 Desember-2 Januari ke PPKM Level 3
30 November 2021, 12:02:33 WIB

JawaPos.com- Akhirnya, wilayah aglomerasi Surabaya Raya telah berstatus PPKM level 1. Sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 63 Tahun 2021, kini Sidoarjo dan Gresik telah menyusul Surabaya yang telah berstatus level 1 itu sejak 19 Oktober lalu. Dengan perubahan itu, ada tambahan pelonggaran.

Pada pengumuman lanjutan perpanjangan PPKM di Jawa-Bali, sebelumnya di Provinsi Jawa Timur hanya terdapat enam kabupaten/kota yang berstatus PPKM level 1. Terbaru, kini ada sebanyak 13 kabupaten/kota. Selain Sidoarjo dan Gresik, juga ada beberapa daerah lain.

Keberhasilan Sidoarjo dan Gresik berada di level 1 itu tidak lepas dari pencapaian vaksinasi. Berdasar ketentuan Inmendagri, untuk bisa mencapai level 1 syaratnya antara lain vaksinasi dosis pertama masyarakat umum di atas 70 persen dan lansia lansia minimal 60 persen.

Di Sidoarjo, data dari dashboard Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, sampai 27 November lalu capaian vaksinasi dosis pertama masyarakat umum sudah 79,21 persen. Adapun untuk lansia sebanyak 68,97 persen. Adapun di Gresik, vaksinasi dosis pertama masyarakat umum sebanyak 70,88 persen dan lansia 60,77 persen.

Di Surabaya, capaian vaksinasi sudah jauh-jauh hari telah melewati ketentuan minimal sesuai diatur Inmendagri tersebut. Data per 27 November, vaksinasi dosis pertama untuk masyarakat umum di Kota Pahlawan sudah menembus 117,5 persen dan lansia 99,35 persen.

Kendati begitu, tidak lantas euforia berlebihan. Sebab, masih ada potensi gelombang ketiga. Disiplin protokol kesehatan mesti tetap berjalan.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads