alexametrics

RSUA-FK Unair Sudah Siapkan Konsep Ini untuk Sambut Wisata Medis

30 September 2021, 16:49:31 WIB

JawaPos.com- Program wisata medis Kota Surabaya disambut hangat oleh sejumlah rumah sakit. Tidak terkecuali Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA). Rumah sakit pendidikan Unair itu sudah menyiapkan empat fokus untuk menyambut program wisata medis tersebut.

Direktur RSUA Prof dr Nasronudin SpPD (K) mengatakan, pandemi Covid-19 membuat rumah sakit lebih mandiri. RSUA sudah lama mempersiapkan diri dan menyesuaikan dengan kebutuhan nasional maupun global. ”Mulai peralatan kesehatan, obat-obatan, dan lain-lain kami juga sudah siap secara mandiri,” katanya ditemui seusai pelantikan dokter spesialis 1 dan spesialis 2 di Fakultas Kedokteran (FK) Unair, Rabu (29/9).

Nasronudin menuturkan, saat ini RSUA sudah memfokuskan empat hal. Pertama, penyakit tropik infeksi. Sebab, Indonesia termasuk daerah penyakit tropik infeksi dan RSUA memiliki keunggulan di bidang tersebut. ”Kami punya fasilitas gedung tujuh lantai dan alat-alat kesehatan yang lengkap. Selain itu, instalasi gawat darurat (IGD) dan high care unit (HCU) serta intensive care unit (ICU) dan poliklinik sendiri,” ujarnya.

Kedua, RSUA juga mengoperasikan dua sistem pelayanan. Yakni, sistem pelayanan modern ala Barat dan tradisional. Saat ini RSUA juga mempertahankan kearifan lokal dengan pengobatan tradisional (batra). ”Kami ada batra yang sampai sekarang masih dipertahankan,” kata dia.

Nasronudin menuturkan, medical checkup dan vaksinasi internasional bagi bangsa Indonesia yang ingin bepergian ke luar negeri. Termasuk haji dan umrah. Keempat, penunjang produk-produk inovasi. ”RSUA mendorong staf untuk meningkatkan inovasi,” ujarnya.

Saat ini RSUA juga sudah menggaet pasien-pasien dari domestik dan luar negeri (LN). Mulai Indonesia Timur hingga Amerika, Singapura, India, dan Pakistan. Dengan adanya program wisata medis, ditargetkan bangsa Indonesia bisa melakukan perawatan dan pengobatan di RS Surabaya. ”Jadi, tidak perlu lagi ke luar negeri karena kualitas rumah sakit di Surabaya juga bagus,” kata dia.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : ayu/c19/ai

Saksikan video menarik berikut ini: