alexametrics

Kalah, Calon Kades di Sidoarjo Emosi, Bongkar Paving Jalan Kampung

30 Juni 2022, 10:06:56 WIB

JawaPos.com- Warga RT 9, RW 1, Desa Jemundo, Kecamatan Taman, Sidoarjo, Rabu (29/6) pagi dihebohkan pembongkaran paving di jalan kampung. Aksi itu dilakukan atas perintah Sukardjo, salah seorang calon kepala desa (kades) di Desa Jemundo, yang kalah dalam pilkades pada 19 Juni lalu.

Pembongkaran paving tersebut dilakukan tiga orang tukang suruhan Sukardjo. Kejadiannya sekitar pukul 09.00 WIB. Lokasi paving yang dibangun itu sebagai akses menuju selatan Jalan Sawunggaling 4. Jalan tersebut memiliki lebar sekitar 2 meter. Hanya cukup dilewati satu mobil. Akses dengan panjang sekitar 10 meter itu membelah tanah rawa-rawa.

Nah, tanah untuk jalan tersebut adalah milik Sukardjo. Pria 57 tahun itu pernah menjadi Kades Jemundo pada 2007–2012. Setelah tidak menjabat, Sukardjo mencalonkan lagi. ‘’Jalan itu ada sebelum Sukardjo menjabat. Jalan paving itu adalah hibah dari almarhumah ibu Sukardjo,’’ kata Kadek, salah seorang warga sekitar.

Aksi pembongkaran tersebut sempat menyulut emosi beberapa warga. Sebab, jalan tersebut cukup vital. Mereka pun menyuruh para pekerja berhenti membongkar paving. Sempat terjadi ketegangan. Sekitar pukul 10.00 WIB, pihak kepolisian beserta babinsa dan satpol PP pun datang untuk menenangkan kondisi. ’’Akhirnya, disuruh sama polisi buat dipasang lagi itu paving sebelah timur sana, kalau sini wes kadung,’’ ujarnya.

Kadek yang menjadi anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dalam pilkades mengungkapkan, kejadian itu lantaran Sukardjo sebagai calon kades tersebut kalah. Dalam pilkades di desanya, ada tiga calon yang maju. Selain Sukardjo, calon lain adalah Jayadi dan Sugeng sebagai incumbent. Dari hasil pemilihan, yang mendapat suara terbanyak adalah Sugeng.

Selisih suara Sugeng dengan Sukardjo sekitar 500. Sesaat setelah mengetahui kalah dalam penghitungan suara, Sukardjo geram. Lalu, yang bersangkutan menungkapkan kepada pengurus RT dan beberapa warga bahwa dirinya akan menembok kedua sisi jalan di RT 9, RW 1, tersebut.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : eza/c12/any

Saksikan video menarik berikut ini: