alexametrics

New Normal: Kuliah dan Bimbingan Skripsi UPN Veteran Jatim via Online

30 Juni 2020, 05:05:30 WIB

JawaPos.com – Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jatim memutuskan perkuliahan secara daring berlangsung hingga akhir tahun. Langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi persebaran Covid-19.

Rektor Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur Akhmad Fauzi mengatakan, saat ini seluruh mahasiswa belum diperbolehkan masuk kampus. Perkuliahan pun dilakukan melalui daring. ’’Kegiatan secara online,” katanya.

Perkuliahan tersebut berlangsung melalui website khusus yang disediakan kampus. Melalui laman itu, mahasiwa bisa mengikuti kegiatan belajar-mengajar. Termasuk melihat tugas dan modul yang diberikan dosen.

Tidak hanya kuliah, kegiatan yang sama juga berlaku untuk bimbingan skripsi. Mereka tetap bisa melanjutkan pembuatan karya ilmiah itu. Namun, kegiatan bimbingan tidak bisa dengan cara tatap muka. Ujian skripsi hingga TOEFL juga dilakukan lewat daring melalui kanal yang sudah disediakan kampus.

Wakil Rektor I UPN Veteran Jatim Sukendah menambahkan, UPN saat ini sudah menyiapkan peraturan dan standard operating procedure (SOP). Juga, menyiapkan sarana dan prasarana (sarpras). ”Kami akan melakukan sosialisasi yang dijadwalkan di awal Juli,” ujarnya.

Sukendah mengatakan, sarpras yang sudah disiapkan, antara lain, menyediakan portal disinfektan di pintu masuk kampus, chamber disinfektan di setiap pintu masuk fakultas, hand sanitizer di setiap ruang pimpinan dan tempat-tempat strategis, hingga sabun cuci tangan.

”Kami juga menyediakan alat pelindung diri (APD) di Poliklinik UPN Veteran Jatim. Ada cek suhu setiap masuk kampus dan kami sedang memesan alat rapid test,” katanya.

Tamu ataupun mahasiwa yang datang dan hendak masuk kampus harus melewati pos pemeriksaan itu. Bila suhu tubunya lebih dari 37,5 derajat Celsius, mereka dihentikan sejenak. Jika dalam 5−10 menit kemudian masih tetap sama, mereka disarankan ke fasilitas kesehatan dan tidak boleh masuk area kampus.

Sebelumnya, untuk kelancaran pembelajaran itu, mahasiswa mendapat bantuan paket data. Besarannya Rp 150.000. Bantuan itu dimulai sejak 20 April−20 Juni 2020. Penyalurannya melalui nomor HP masing-masing mahasiwa yang sedang melaksanakan pembelajaran di semester genap.

Tatanan Baru di Kampus UPN

  • Penyediaan pos pemeriksaan di pintu masuk kampus.
  • Chamber disinfektan dipasang di setiap kawasan fakultas dan hand sanitizer di pintu masuk kelas.
  • Disediakan kanal online untuk belajar mahasiswa.
  • Sidang dan bimbingan skripsi dilakukan melalui daring.
  • APD bagi petugas di poliklinik.

Saksikan video menarik berikut ini:

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : ayu/gal/c6/git



Close Ads