alexametrics

BMKG Tanjung Perak: Waspada Air Laut Pasang Maksimum di Surabaya Raya

30 Mei 2022, 09:45:53 WIB

JawaPos.com- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Perak, kembali memberikan warning untuk mewaspadai fenomena pasang air laut maksimum antara lain di wilayah Surabaya Raya (Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik), pada hari ini (30/5) hingga 4 Juni. Ketinggian diperkirakan mencapai 130-140 sentimeter dari permukaan laut hingga berpotensi menyebabkan banjir rob.

Kondisi itu dapat berdampak dengan munculnya genangan air yang dapat menganggu transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di area pelabuhan.

‘’Sesuai imbuan dari BMKG masyarakat agar senantiasa waspada dan siaga dalam mengantisipasi dampak dari pasang air laut maksimum,’’ kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gresik (BPBD) Gresik Tarso Sagito.

Dari update informasi BMKG Tanjung Perak, beberapa wilayah yang diprediksi mengalami pasang air laut maksimum antara lain pesisir Surabaya Barat yang meliputi Gresik, Lamongan, dan Tuban. Potensi terjadi pada 30 Mei-4 Juni pada pukul 09.00-12.00 WIB. Lalu, pasisir Surabaya Timur meliputi Sidoarjo, Pasuruan, dan sepanjang selat Madura, pukul 10.00-12.00 WIB.

Adapun di wilayah Pelabuhan Surabaya, diperkirakan terjadi pada 30 Mei hingga 3 Juni, pada pukul 10.00-13.00 WIB.

Tarso mengatakan, dalam beberapa pekan terakhir, pihaknya sudah melakukan monitoring terhadap fenomena air laut pasang. Banjir rob memang sempat merambah wilayah pesisir di lima kecamatan. Yakni, Ujungpangkah, Manyar, Bungah, Gresik Kota, dan Bawean. Sedikitnya ada sepuluh desa terdampak. Kejadiannya pada 18-22 Mei lalu.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: