alexametrics

Surabaya Siap Buka Kembali Semua Taman Kota dan Perluas Area CFD

30 Maret 2022, 10:11:19 WIB

JawaPos.com- Menjelang bulan Ramadan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya akan membuka kembali taman-taman kota. Sebanyak 39 taman bakal kembali beroperasi secara bertahap. Selain taman, DLH akan menambah arena car free day (CFD).

Kepala DLH Kota Surabaya Agus Hebi Djuniantoro menyampaikan, pembukaan 39 taman dilakukan dalam waktu dekat. Perkiraannya dimulai pekan ini atau awal puasa Ramadan. Operasional ruang terbuka hijau (RTH) itu bisa menjadi tempat alternatif ngabuburit bagi warga. ”Saya inginnya semua buka. Mudah-mudahan dalam pekan ini,” kata Hebi kemarin (29/3).

Untuk menyiapkan pembukaan taman, DLH sudah melakukan asesmen ke seluruh taman kota. Berdasar hasil evaluasi, mayoritas taman sangat memungkinkan kembali dibuka. Sebelumnya, DLH juga sudah membuka delapan taman. Hasilnya, tidak ditemukan persoalan yang bisa memicu penularan virus korona. Protokol kesehatan dilaksanakan dengan baik. Tidak ada kerumunan di taman karena antar pengunjung saling menjaga jarak. ”Dari hasil evaluasi, pembukaan taman dapat lampu hijau,” papar Hebi.

Selain taman, DLH mempertimbangkan memperluas arena car free day (CFD). Selain CFD di Kembang Jepun dan Kertajaya, CFD akan digelar di jantung kota. Yakni, Jalan Tunjungan dan Jalan Darmo atau Taman Bungkul. ”Mau saya buka semua (CFD, Red),” ucapnya.

Namun, yang menjadi catatan utama, lanjut Hebi, adalah penerapan protokol kesehatan (prokes). Jangan sampai menimbulkan kerumunan. Pihaknya optimistis Surabaya akan tetap berada di PPKM level 1. Indikasi itu terlihat dari kosongnya pasien di Hotel Asrama Haji (HAH) dalam beberapa hari terakhir.

Di sisi lain, tingkat penularan kasus baru juga sudah jauh berkurang. ”Kami berharap warga Surabaya tetap disiplin menerapkan prokes,” ucap alumnus ITS tersebut.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : mar/c17/aph

Saksikan video menarik berikut ini: