alexametrics

Stok Vaksin Booster di Gresik Masih Mencukupi

30 Maret 2022, 15:50:34 WIB

JawaPos.com- Bagi masyarakat yang hendak mudik saat Lebaran nanti, pemerintah mensyaratkan untuk menjalani vaksinasi ketiga atau vaksinasi booster. Masyarakat Gresik pun dari hari ke hari terus memburu vaksinasi booster tersebut. Sebagaimana yang dilakukan di Balai Desa Yosowilangun, Manyar, kemarin.

Puskesmas Sukomulyo menyediakan 400 dosis vaksin booster. Namun, karena antusiasme masyarakat cukup tinggi, dosis vaksin pun ditambah. Hingga kemarin sore, tercatat ada 465 dosis booster yang disuntikkan. Jumlah itu diperuntukkan bagi masyarakat umum, mulai lansia hingga remaja. Masyarakat pun berbondong-bondong datang.

Maulidiyah Putri Wulandari asal Desa Leran, Manyar, misalnya. Perempuan 24 tahun itu menjalani vaksinasi booster untuk syarat mudik. ’’Rencananya, mau mudik ke Jember. Ada nenek di sana. Harus vaksinasi booster dulu biar nanti bisa mudik sama keluarga,’’ ucapnya.

Kepala Puskesmas Sukomulyo Titik Ernawati menyatakan, wilayah kerja Puskesmas Sukomulyo meliputi wilayah padat penduduk dengan mayoritas pendatang. Karena itu, wajar apabila vaksinasi booster diburu. Kemarin pihaknya menyiapkan 400 dosis vaksin. ’’Ya, ini untuk hari ini saja, 400 sasaran dosis booster. Semoga bisa habis,’’ tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Gresik Mukhibatul Khusnah menyampaikan, stok vaksin saat ini cukup. Karena itu, pihaknya meminta masyarakat untuk segera mendatangi faskes terdekat. Baik itu vaksin dosis I, II, maupun booster. ’’Vaksinasi ada terus di puskesmas. Silakan mencari informasi di puskesmas terdekat dan segera datang untuk vaksinasi,” ucapnya.

Menurut data Dinkes Gresik, cakupan vaksinasi hingga 28 Maret mencapai 948.961 atau 93,80 persen dosis I; 850.397 atau 84,06 persen dosis II; dan 104.534 atau 10,33 persen dosis booster. Khusnah menyampaikan, saat ini pihaknya juga mengejar cakupan vaksinasi lansia. Sebab, capaiannya baru 64 persen. 

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : son/c12/diq

Saksikan video menarik berikut ini: