alexametrics

Menteri Desa Gandeng Pegiat Desa Kuliah di Unesa

30 Maret 2022, 20:21:21 WIB

JawaPos.com–Sebanyak 619 mahasiswa program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Desa 2022 mengikuti kuliah umum di Graha Unesa pada Rabu (30/3).

Ratusan mahasiswa tersebut merupakan para kepala desa, perangkat desa, pengurus BUMdesa, serta pendamping dan pegiat desa, dari 419 desa di Kabupaten Bojonegoro yang telah lolos seleksi RPL Desa 2022 di Universitas Negeri Surabaya (Unesa). RPL Desa merupakan program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Unesa, dan UNY. Para mahasiswa tersebut mendapat beasiswa dan akan menempuh studi selama empat semester atau dua tahun.

Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan, program itu dihadirkan untuk mendorong kemajuan desa. Karena itu, tidak boleh dianggap main-main. Apalagi dianggap sebagai formalitas belaka untuk mendapatkan titel sarjana.

Menurut dia, peserta harus benar-benar memanfaatkan kesempatan tersebut untuk belajar dan meningkatkan kompetensi diri. Sehingga, menunjang tugas dan tanggung jawab di desa.

”Jangan jadikan ini sekadar menggugurkan tugas semata. Belajar yang benar dan nanti ilmunya diimplementasikan untuk membawa perubahan dan kemajuan desa,” ucap Abdul Halim Iskandar.

Menteri menyatakan, akan terus mengawal dan memantau untuk menjamin mutu program, mutu proses, dan mutu lulusan.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads