alexametrics

Jalur Pantura Gresik Penuh Sesak Dampak Jembatan di Lamongan Ambles

30 Maret 2022, 08:07:15 WIB

JawaPos.com- Jembatan di Jalan Raya Lamongan, sebelah barat RS  Muhammadiyah, ambles pada Selasa (29/3). Arus lalu lintas di wilayah Gresik pun ikut terdampak. Utamanya, di jalur pantura. Terjadi kepadatan luar biasa. Maklum, jalur itu menjadi akses alternatif kendaraan-kendaraan besar.

Kondisi tersebut juga membuat pengguna transportasi umum seperti bus dibikin kelimpungan. Baik jalur Semarang, Tuban, ke Surabaya maupun Bojonegoro ke Surabaya. Biasanya, bus langsung melintas di Jalan Raya Lamongan, Gresik, langsung naik tol ke Surabaya.

Nah, karena jembatan di jalan nasional itu tidak bisa dilintasi kendaraan besar, maka bus-bus harus memutar cukup jauh. Lewat Paciran hingga tembus Gresik dari jalur pantura atau Jalan Raya Daendels. Imbasnya, penumpang yang menunggu di terminal Lamongan atau teminal Bunder, Gresik, tidak terangkut bus. Banyak penumpang yang menunggu berjam-jam, sebelum mereka mengetahui ada insiden jembatan ambles di Lamongan.

Dilansir dari Radar Lamongan Jawa Pos Grup, jembatan di sekitar Desa Balun dengan panjang kurang lebih 100 meter itu ambles lalu patah, Melengkung ke bawah hingga lebih dari 50 sentimeter. Tidak ada korban dalam peristiwa ini. Namun, lalu lintas dari dua arah Surabaya-Babat maupun sebaliknya macet cukup panjang. Pasalnya, kendaraan harus melintas bergantian di sisi selatan jalan.

Hanya ruas jalan di sisi selatan yang bisa dilalui. Itupun hanya kendaraan kecil. Sepeda motor dan kendaraan kecil. Sementara itu, untuk sisi utara jembatan ditutup total. Sebab, berbahaya apabila dilewati kendaraan. Kabarnya, sebelum ambles, jembatan yang sudah berusia puluhan tahun itu dilalui tronton besar. Beruntung, tronton bersangkutan selamat.

Polres Lamongan dan Polres Gresik sudah menyampaikan alternatif jalur bagi pengguna jalan agar tak melintasi jembatan tersebut.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini: