alexametrics

M. Taswin: Ajukan Izin, Setiap Tahapan Administrasi Bisa Terpantau

29 November 2021, 16:48:49 WIB

JawaPos.com – Transformasi dan perbaikan kualitas birokrasi ke arah digital terus dilakukan Pemkot Surabaya. Kini perizinan semakin mudah dengan menggunakan Surabaya Single Window (SSW) Alfa. Progres pengajuan izin melalui kanal tersebut bisa dipantau secara langsung. Berikut wawancaranya dengan M. TASWIN, Kepala DPMPTSP:

Apa perbedaan dan kelebihan SSW Alfa yang kini diusung Pemkot Surabaya?

SSW Alfa merupakan kanal yang dibangun Pemkot Surabaya untuk mempermudah alur administrasi dan perizinan. Warga bisa melakukannya melalui online saja. Tidak perlu ada proses tatap muka.

Sesuai dengan namanya, single window artinya memusatkan layanan dalam satu pintu masuk saja. Yang dulu perizinan tersebar di 19 OPD sekarang pusatnya ada di DPMPTSP. Tugas dinas hanya melakukan verifikasi teknis.

Ini merupakan penyempurnaan dari SSW yang sebelumnya. Kualitas terus ditingkatkan, termasuk ke depan tidak ada lagi perizinan yang tidak melalui aplikasi. Nanti semua melalui aplikasi SSW Alfa ini.

Bagaimana kemudian SSW Alfa bisa memotong waktu birokrasi perizinan?

SSW Alfa akan memotong waktu pengajuan izin menjadi lebih singkat. Sebab, prosesnya lebih gampang, tidak perlu pindah-pindah ke dinas lain seperti sebelumnya. Nah, kendala ini yang sekarang hilang. Proses perizinan pun bisa terpantau langsung.

Sebelumnya, untuk mengajukan izin hotel, misalnya, izin pertamanya amdal dulu. Lalu izin drainase, setelah itu memasukkan IMB-nya. Kemudian, baru mengurus izin kepariwisataannya.

Sekarang diubah semua. Berkas yang dibutuhkan masuk ke DPMPTSP. Kemudian, dikroscek sudah sesuai atau belum. Kalau sudah, digelar pertemuan dengan investor dan semua dinas yang terlibat. Kalau ada kekurangan, langsung dikoreksi.

Nah setelah itu, sudah tidak ada pertemuan antara Pemkot Surabaya dan investor. Tinggal upload apa saja yang kurang dan perizinan semua keluar.

Editor : Dhimas Ginanjar

Reporter : gal/c6/git

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads