alexametrics

Data BPS, Jam Kerja 328.894 Orang di Surabaya Dikurangi

29 November 2021, 14:11:24 WIB

JawaPos.com- Pandemi Covid-19 masih memengaruhi kondisi sejumlah bidang di Kota Pahlawan. Salah satunya di sektor ketenagakerjaan. Tidak sedikit karyawan yang mendapatkan pengurangan jam kerja. Ada juga yang harus kehilangan pekerjaan.

Berdasar hasil survei terbaru yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Surabaya, total penduduk usia kerja di Kota Surabaya saat ini mencapai 2.337.229 orang. Dari jumlah tersebut, terdata ada sebanyak 16,89 persen terdampak pandemi.

Kepala BPS Surabaya Agus Budi Santoso menjelaskan, serangan Covid-19 memang dahsyat. Beragam sektor tak luput terdampak wabah global itu. ”Secara umum pandemi Covid-19 juga memengaruhi kondisi bidang ketenagakerjaan di Surabaya,” ucapnya.

Persebaran virus korona itu berdampak pada 394.173 orang. Perinciannya, sebanyak 42.211 orang menganggur. Mereka tidak memiliki kesempatan bekerja akibat pandemi yang berkepanjangan. Faktor pemicunya, banyak perusahaan yang terpaksa memangkas jumlah tenaga kerja. Tak kuat membayar gaji pegawai.

Selain itu, banyak juga yang terdampak pengurangan jam kerja. Jumlahnya cukup besar. Yakni, mencapai 328.894 orang. Mereka tidak bisa bekerja full time. Akibatnya, pendapatan yang mereka terima pun menurun drastis. Tidak penuh seperti dalam kondisi normal.

”Selain itu, ribuan orang tidak bisa terserap ke tempat kerja baru,” jelasnya.

Editor : M. Sholahuddin

Reporter : mar/c7/aph

Saksikan video menarik berikut ini: